Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten Ajak UI Perkuat Kolaborasi Agar UMKM Berinovasi dan Beradaptasi dengan Teknologi

Kompas.com - 02/02/2022, 15:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki mengajak Universitas Indonesia (UI) untuk memperkuat kolaborasi menjadi jembatan UMKM dalam berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi.

"Tujuannya, agar UMKM di Tanah Air semakin cepat naik kelas dan mendunia," kata Teten dalam siaran pers yang diterima, Rabu (2/2/2022).

Teten berharap UI dengan visi Entrepreneurial University, terus memperkuat hubungan antara pendidikan, penelitian, dengan inovasi dan kewirausahaan.

"Visi UI sejalan dengan semangat dan prioritas Kementerian Koperasi dan UKM di 2022," kata Teten.

Adapun visi UI yakti meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia sehingga menciptakan pekerjaan (kelas menengah) baru.

"Juga, menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kokoh dan rasio kewirausahaan mencapai 3,95% di 2024," ulas Teten.

Bagi Teten, penggerak ekonomi dunia dan Indonesia ke depan, terletak pada perempuan, anak muda, dan ekonomi hijau.

"Ini pula yang menjadi prioritas kami mendukung pemulihan transformatif tahun ini," ucap Teten.

Sekitar 70% program Kementerian Koperasi dan UKM akan menyasar langsung kepada pelaku UMKM, koperasi, perempuan, anak muda, dan fokus untuk mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan.

Termasuk mendorong pembiayaan UMKM dan koperasi bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil.

"Kita juga akan meningkatkan jumlah UMKM masuk ke ekosistem digital sebesar 20 juta UMKM ditargetkan go digital," jelas Teten.

Pasalnya, ke depan, bisnis e-commerce akan terus berkembang, pekerjaan jarak jauh menjadi populer, pembayaran tanpa uang tunai akan menjadi standar untuk bisnis, pemasaran lewat sosial media dan video akan terus tumbuh dan menjadi kunci.

Acara-acara juga dilakukan secara hibrid, dan tentunya didukung pula oleh perkembangan kecerdasan buatan (AI).

Teten menegaskan bahwa komitmen tinggi pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan nasional telah dituangkan ke dalam Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024.

"Perpres ini memiliki semangat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan, pedoman tunggal, dan penguatan sinergi antar K/L, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya," papar Teten.

Bahkan, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendukung penciptaan iklim kewirausahaan yang sehat. Misalnya, di Bandung, ada Grammars, ada The Hallway, dan Hear Me (juara pertama dan SDG’s category). Di Jakarta, ada M Bloc Space.

"Sekarang banyak anak muda berlomba-lomba membangun sentra UMKM keren, berbasis keunggulan lokal di kabupaten dan kotanya masing-masing," pungkas Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com