Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengelola Brand Produk UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 01/03/2022, 16:31 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan usaha tentu akan menghadapi masalah. Untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) biasanya masalah yang dihadapi adalah kurang memahami branding sebagai fungsi untuk menjaga kelangsungan usahanya.

Sebagian besar para pelaku bisnis UMKM masih berfokus pada penjualan dan melupakan sisi branding. Mungkin sebagian pemilik UMKM berpikiran bahwa brand tidaklah terlalu penting.

Namun, kekuatan itu justru datang dari brand yang dibangun. Biasanya brand yang dibangun untuk UMKM berfokus pada desain ataupun logo dan tagline yang dibuat.

Dikutip dari Sahabat UMKM, Brand Strategist LAB/ID, Garniasih mengatakan branding adalah sesuatu yang berbeda dengan brand.

Jika brand adalah produk yang dimiliki, maka branding adalah suatu cara mengenalkan produk dengan tujuan memperbesar serta membangun merek dari manfaat produk tersebut.

Menurut Garniasih, brand merupakan identitas dari produk usaha. Identitas bisa berupa nama, logo, atau ciri khas lainnya yang bisa membedakan produk usaha dengan kompetitor.

Ciri khas dari sebuah produk akan menjadi daya tarik dan ingatan yang mengikat pada konsumen terhadap brand tersebut.

Brand sendiri tidak hanya merek karena brand merupakan kesatuan yang terintegrasi dari sebuah produk.

Dengan kata lain, merek merupakan nama atau simbol yang termasuk bagian dalam sebuah brand. Sebuah perusahaan atau bisnis yang memiliki produk atau jasa harus bisa membangun dan mengelola brand tersebut.

Tips pertama yang diberikan oleh Garniasih adalah mempertajam manfaat produk bagi orang lain. Dengan menonjolkan manfaat dari produk akan mempengaruhi benak sasaran audiens, hingga akhirnya mereka tertarik untuk mau menggunakan atau mengonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.

Tips kedua adalah perkuat tujuan dari brand sebagai panduan ekspansi produk. Hal ini dapat meningkatkan daya dongkrak brand dalam memperluas peluang ekpansi produknya.

Kondisi pandemi  Covid-19 saat ini menguji kestabilan dari brand yang dibangun oleh para pelaku UMKM. Dengan memahami peranan branding sebagai penyangga kegiatan pemasaran, dapat membangun brand kamu secara unik untuk terus eksis di masa krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com