Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bawa 24 UMKM Binaan ke INACRAFT 2022

Kompas.com - 22/03/2022, 15:05 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) menetapkan 24 UMKM terbaik binaannya mengikuti The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 pada tanggal 23 - 27 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan periode pendaftaran yang berlangsung sejak awal Maret hingga 17 Maret 2022 telah dilaksanakan secara online.

Dari UMKM yang mendaftar, dilanjutkan seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: Kemenkop UKM Buka Program Pelatihan dan Pendampingan untuk UMKM, Ini Cara Daftarnya

“UMKM tersebut terpilih melalui proses cukup panjang, setelah dilakukan kurasi terhadap produk UMKM dengan mutu, level dan kualitas produk harus sesuai dengan kebutuhan pasar global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (22/3/2022).

Menurut Fajriyah, produk yang dibuat oleh UMKM terpilih harus layak dan siap masuk ke pasar global, dengan pertimbangan potensi menjadi local champion di pasar domestik dan memiliki potensi untuk masuk di pasar internasional.

Pameran yang diprakasai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi ini, diikuti oleh lebih dari 1.500 pelaku kreatif kerajinan yang berasal dari seluruh pelosok tanah air.

Baca juga: KemenKopUKM Terus Dorong UMKM Sumedang Manfaatkan e-Katalog LKPP

 

Pada ajang INACRAFT tahun ini, Pertamina menghadirkan mitra binaan yang memiliki banyak kekuatan dengan karya-karya yang hebat serta produk fashion dan craft yang berkualitas yang dihasilkan dari tangan trampil penuh talenta dari seluruh negeri.

Pandemi tidak menghalangi Mitra Binaan Pertamina untuk berkreasi dan terus menciptakan innovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com