Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Penyaluran KUR bagi UMKM, BCA Incar Pedagang Plastik

Kompas.com - 04/04/2022, 17:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendukung kebangkitan pelaku usaha UMKM.

Terkait dengan hal itu, BCA melakukan sosialisasi KUR ke pedagang di Alam Sutera, Rabu (30/03/2022). Dalam agenda ini pula, perseroan menyiapkan KUR untuk para pedagang plastik dengan menggandeng PT Panca Budi Niaga (PBN).

Kepala BCA KCU Asemka Daniel Darmawan menuturkan dukungan BCA terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi COVID-19.

Baca juga: Rekrut Freelancer Bisa Bikin Bisnis To The Moon, Begini Caranya

 

"Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia. Kerjasama dengan pola channeling antara BCA dan PBN bertujuan untuk membantu usaha masyarakat di daerah Jabodetabek khususnya pedagang plastik. Dalam Kerjasama ini, BCA juga mengandeng KlikA2C sebagai penyedia layanan yang akan memproses pengajuan via online,” ujar Daniel dalam keterangan resmi, Senin (4/4/2022).

Melalui kerja sama ini, BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerjasama hingga Rp 20 miliar. Dalam kegiatan ini, PBN, KlikA2C dan BCA akan memberikan sosialisasi program KUR kepada pedagang dan toko buyer PBN, serta mengedukasi peserta terkait solusi pembayaran melalui QRIS BCA.

Pada perwujudannya nanti, PBN akan membantu BCA untuk melakukan seleksi atas customer yang layak mendapatkan KUR sesuai kriteria yang telah disepakati, sehingga bantuan ini akan tepat sasaran.

Sementara itu, KlikA2C memiliki peran untuk melakukan verifikasi kelengkapan data dan dokumen calon debitur. Selain itu, untuk mendapatkan KUR dari BCA ini, calon debitur juga dipastikan harus memiliki rekening BCA yang aktif dan memastikan untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Sebagai informasi, KUR BCA hadir untuk debitur individu atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan/agunan tambahan belum cukup.

Sepanjang tahun 2021 total penyaluran KUR BCA tercatat sebesar Rp 206 Miliar, meningkat 55 persen yoy.

Baca juga: Ini 6 Peluang Bisnis Bagus Usai Badai Covid-19 Reda

 

Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan.

“Hal ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) maka program ini pun turut serta menerapkan aspek tersebut. Kami berharap keberadaan program penyaluran KUR ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM di Indonesia serta membangkitkan semangat untuk keluar dari situasi penuh ketidakpastian,” tutup Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com