Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Memilih Partner agar Bisnis Berkembang

Kompas.com - 22/04/2022, 13:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan bisnis terkadang dituntut untuk mencari partner agar bisa lebih maksimal. Namun demikian, mencari mitra dalam berbisnis susah-susah gampang.

Salah pilih partner, bisa jadi bisnis yang dirintis habcur berantakan. Sebaliknya, mendapatkan partner yang tepat bisa membawa usaha sukses besar.

Dikutip dari berbagai referensi, sebelum mencari partner, ada baiknya kamu mempertimbangkan sejumlah langkah berikut ini:

Baca juga: 6 Ide Bisnis Dropship yang Bisa Hasilkan Banyak Cuan

1. Kenali Karakter Calon Partner

Saat memilih partner bisnis, kamu harus mengenal karakter orang tersebut apakah cocok dengan karaktermu. Hal lainnya adalah kamu harus melihat apakah partner-mu memiliki kelebihan yang bisa menutup kekuranganmu.

Potensi partner juga bisa dinilai dari modal dan reputasi mereka. Untuk itu, carilah partner yang memiliki kondisi finansial yang kuat serta memiliki reputasi baik.

Guna mengecek latar belakang calon partner, kamu bisa tanyakan kepada teman-teman, keluarga, atau orang terdekatmu tentang dia.

2. Punya Values yang Sama

Setiap orang memiliki nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh dalam menjalani kehidupan. Penting bagi pelaku bisnis untuk memahami nilai-nilai hidup yang dipegang teguh oleh rekan bisnis mereka.

Memiliki beberapa nilai kehidupan yang sama juga membantu mereka saling memahami dan menciptakan hubungan bisnis yang lebih langgeng.

3. Buat Persetujuan Tertulis

Setelah menemukan partner yang cocok, diskusikan dengan serius dan sedetail mungkin mengenai rencana bisnis yang akan dijalankan.

Baca juga: Cara Menghadapi Saran dan Kritik dari Konsumen

Meski kamu percaya sepenuhnya, perjanjian tertulis tetap diperlukan untuk menjelaskan mengenai cakupan bisnis, hak, serta kewajiban masing-masing.

Dalam perjanjian tertulis ini juga perlu diatur mengenai pembagian keuntungan guna menjaga keberlanjutan bisnis.

4. Buang Jauh Ego

Seringkali dalam menjalin kerjasama dengan partner, partnermu punya kelebihan dalam bidang tertentu ketimbang kamu. Ketika kamu mendapati kondisi seperti itu, kamu harusnya bersyukur karena dia punya nilai tambah dan bisa membawa bisnis yang dijalankan bisa berkembang.

Sebaliknya, jangan sampai kamu tidak mau mengakui kelebihan partnermu dan menganggap yang dilakukan partnermu salah. Sikap yang seperti itu bisa membahayakan perkembangan bisnismu.

Untuk itu, buang jauh egomu ketika kamu memilih untuk berpartner dalam menjalankan bisnis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com