Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh di Bali, Ini 8 Pilihan Produk UMKM yang Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 11/05/2022, 08:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ada banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di Bali.

Nah, setelah berwisata tentu tak afdhol jika tak membawa buah tangan. Di Bali sendiri banyak cenderamata alias oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang.

Ada banyak produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari perajin dan pengusaha di Bali yang bisa dipilih. Berikut pilihan produk-produk UMKM dari perajin dan pengusaha Bali yang bisa dibeli seperti dirangkum dari Indonesia.travel.

1. Jenggala

Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk para ibu rumah tangga, produk dari Jenggala bisa jadi pilihan. Ada beragam produk keramik artistik, unik, dan penuh warna yang bisa dibeli.

Jenggala memiliki beragam produk perabotan rumah, peralatan meja, kamar mandi dan spa, serta kotak hadiah.

Setiap bentuk dan ukiran estetik dari produk keramik Jenggala menggambarkan kekhasan Bali seperti ukiran Kelapa, Ingka, Griya, Patra Punggel, Bambu, dan masih banyak lagi. Jenggala sendiri merupakan UMKM yang berdiri sejak 1976 dan telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO di tahun 2010. 

Kamu bisa mengintip produk-produk Jenggala di Instagramnya di akun @jenggala_official.

2. KunangKunangku Bali

Jika mencari oleh-oleh untuk anak-anak, produk Kunangkunangku Bali bisa jadi pilihan. Ada beragam boneka yang bisa dibeli.

Boneka empuk nan lucu tersebut buatan tangan para pengrajin di KunangKunangku Bali. Enggak cuman anak-anak aja, boneka-boneka ini pun cocok untuk orang dewasa yang suka boneka.

Boneka-boneka dari Kunangkunangku bisa digunakan baik untuk dekorasi kamar atau mobil, desain dan bahannya pun dibuat sedemikian rupa hingga terasa lembut dan nyaman dipeluk.

Kamu bisa intip-intip produk Kunangkunangku Bali di akun Instagram @kunang_kunangku.

3. Maharani Handicraft

Aksesoris estetik pun menarik jadi pilihan oleh-oleh. Salah satunya produk Maharani Handicraft yang menyuguhkan aksesoris berbahan-bahan alami seperti batu permata, besi, dan kayu.

Bahan-bahan tersebut kemudian disulap oleh para pengrajin handal menjadi anting, cincin, gelang, serta kalung. Ukiran artistik dan berkelas menjadikan produk-produk Maharani Handicraft bahkan sempat diborong oleh negara maju seperti Amerika, Jerman dan Inggris.

Selain aksesoris, para pengrajin asli Bali ini juga memproduksi dekorasi rumah, peralatan dapur, dan dekorasi meja. Kamu bisa mengintip katalog produknya di akun Instagram @maharanicraft.bali.

4. Mason Chocolates

Buat kamu yang suka cokelat, ada produk lokal asal Bali yang punya cita rasa unik yaitu Mason Chocolates.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com