Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Buka Usaha Setelah Lebaran? Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba

Kompas.com - 16/05/2022, 08:44 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak muda biasanya penuh dengan ide-ide segar, kreatif, dan inovatif. Mereka bersemangat mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah peluang usaha.

World Economic Forum melakukan survei kepada 56.000 anak muda berusia 15-35 tahun dari enam negara di Asia Tenggara (ASEAN) pada 2019. Hasil survei menunjukkan, sebanyak 35,5 persen anak muda Indonesia pada rentang usia tersebut ingin menjadi pengusaha di masa depan.

Keinginan tersebut muncul karena fenomena perusahaan teknologi ataupun startup di Indonesia yang telah menginspirasi banyak anak muda. Apakah kamu salah satunya yang bercita-cita menjadi pengusaha?

Berikut ide bisnis yang cocok untuk anak muda yang bisa dieksekusi setelah Lebaran, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Fotografer acara

Kalau kamu hobi memotret, sulap hobi menjadi uang sebagai fotografer event, seperti ulang tahun, pernikahan, persalinan, maternity, pre-wedding, gathering, dan acara lainnya. Ide bisnis ini sangat bagus untuk anak muda.

Sebab, peluang bisnisnya menjanjikan. Permintaan jasa foto acara telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Foto selalu diperlukan, setiap orang membutuhkan dan menginginkannya, misalnya untuk gambar produk, fasilitas, peralatan, serta lainnya.

2. Menjadi influencer media sosial

Anak muda identik melek teknologi. Itu karena mereka lahir di saat teknologi sudah berkembang, seperti generasi milenial dan generasi Z. Penguasaan teknologi mereka cukup mahir, salah satunya media sosial.

Keahlian dan pengetahuan soal media sosial ini dapat kamu jadikan ladang bisnis. Mulailah berbagi lebih banyak tentang hal-hal yang kamu sukai berbekal kreativitas atau keahlianmu di media sosial, posting secara teratur, dan tingkatkan pengikut atau follower.

Maka, kamu bisa menjadi ‘selebriti baru.’ Yang dapat menjangkau jutaan orang hanya dengan satu kali posting atau tweet. Tugasmu, mempromosikan produk klien yang datang dari perusahaan besar, menengah, atau kecil.

3. Bisnis waralaba

Ada banyak waralaba yang bisa dipilih sesuai minat dan kondisi keuangan. Bisnis waralaba menawarkan konsep kemitraan dengan modal beragam. Dari mulai jutaan, puluhan juta, sampai miliaran rupiah. Jenis usahanya macam-macam, ada kuliner, jasa laundry, pendidikan, dan lainnya.

Tidak perlu pusing memikirkan produk apa yang mau dijual dan bagaimana sistem usahanya. Asal ada modal, bisnis siap dijalankan. Maka dari itu, bisnis waralaba sangat pas untuk anak muda maupun pengusaha pemula.

3. Perusahaan teknologi

Salah satu ide bisnis yang bagus untuk anak muda adalah memulai perusahaan teknologi. Di era digital saat ini, ada banyak peluang di industri teknologi. Kamu dapat memulai perusahaan desain situs website, mengembangkan aplikasi, atau membuat perangkat lunak.

Jika kamu memiliki keterampilan pengkodean, ini jelas merupakan bisnis menarik untukmu. Siapa tahu ke depan, bisnis kamu tersebut akan menjadi unicorn, bahkan decacorn di Indonesia.

Baca Juga: Mudah dan Bisa Jadi Ladang Bisnis, Ini Cara Ternak Ikan Cupang untuk Pemula

4. Menjadi reseller online

Saat ini, jalan untuk mendapatkan uang bagi anak muda sangat terbuka lebar. Salah satunya dengan menjadi reseller online. Selain itu, memulai bisnis ini akan mengasah jiwa wirausaha kamu.

Tak perlu modal besar, menjadi reseller online dapat dilakukan dengan modal minim atau sesuai kemampuan. Contohnya menjadi reseller baju anak-anak yang modalnya cuma satu juta rupiah, beli dari toko online di marketplace tertentu, tetapi bisa dapat 50 baju.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com