Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UMKM Bangkit, Festival Culinary Night Makassar Digelar 21-22 Mei

Kompas.com - 17/05/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

MAKASSAR, KOMPAS.com - Festival Makassar Culinary Night 2022 akan digelar di Benteng Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan pada 21-22 Mei 2022. Festival itu disebut akan menjadi momentum mendorong kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Makassar.

"Festival yang akan digelar pada 21-22 Mei 2022 tersebut akan menjadi semangat kebangkitan UMKM di Kota Makassar pada masa endemi," kata Ketua DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Makassar, Fadel Tauphan Ansar seperti dikutip dari Antara, Senin.

Fadel mengatakan, ada sekitar 261 pelaku UMKM di bidang kuliner yang mendaftar untuk ikut Festival Makassar Culinary Night. Pihak panitia Makassar Culinary Night 2022 akan menyeleksi 76 tenant karena keterbatasan kapasitas lokasi festival.

"Jumlah tenant yang diikutkan tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 72 tenant," lanjut Fadel.

Menurutnya, para pelaku UMKM yang tak perpilih akan mendapatkan peluang pada kegiatan lainnya.

Hal itu diakui salah seorang penjual tahu krispi di Makassar bernama Harmina.

Harmina mengatakan, ia tetap mendapatkan kesempatan mempromosikan produknya secara daring dan melalui banner di sejumlah tempat strategimeski belum terpilih ikut festival kuliner. 

"Lokasi 'Car Free Day' setiap minggu di sejumlah titik di Makassar, juga menjadi peluang bagi UMKM kuliner menjajakan dan mempromosikan produknya," kata Harmina.

Sementara berdasarkan data HIPMI Kota Makassar diketahui, sekitar 300 pelaku UKM dan UMKM dari berbagai sektor yang menjadi anggota HIPMI Makassar.

Jumlah tersebut baru sekitar 25 persen dari total sekitar 1.200 UMKM di Kota Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com