Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Segmen UMKM, BCA Digital Gandeng Komunal untuk Salurkan Kredit

Kompas.com - 29/06/2022, 13:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Digital BCA (BCA Digital) memperluas jangkauan penyaluran kreditnya ke UMKM dengan menggandeng fintech P2P lending PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal).

Lanny Budiati, Direktur Utama PT Bank Digital BCA mengungkapkan per 22 Juni 2022, plafon pinjaman dari BCA Digital untuk UMKM bisa diakses lewat platform Komunal Finansial.

“Lewat kolaborasi channeling pinjaman ini, BCA Digital ingin menjangkau lebih banyak pelaku UMKM, sehingga secara bertahap bisa mengatasi masalah akses ke pembiayaan yang selama ini dialami UMKM,” kata Lanny dalam keterangan resmi, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Produk UMKM Indonesia Tarik Perhatian Warga Paris

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM hingga April 2022, sudah ada 19 juta pelaku UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital.

Lanny menjelaskan, Komunal akan menjadi jembatan antara BCA Digital dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis dengan pola pembiayaan channeling.

Kolaborasi ini merupakan kali kedua BCA Digital menyalurkan platform kredit lewat lewat peer to peer lending.

Sebelumnya, BCA Digital telah menggandeng Akseleran pada Desember 2021 lalu. Sejak beroperasi tahun 2021, BCA digital telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 1 triliun, antara lain melalui kerjasama dengan berbagai mitra bisnis.

Selain itu, BCA Digital juga tengah mempersiapkan fitur digital lending pada aplikasi mobile banking blu, yang ditujukan kepada nasabah BCA Digital.

Direktur Utama PT Komunal Finansial Indonesia, Hendry Lieviant, menyambut baik kerjasama ini.

Baca juga: Dukung Produk Lokal, LPDB-KUMKM Kolaborasi dengan BUMN Sarinah

 

Ia melihat kolaborasi ini menjadi langkah strategis untuk mempercepat recovery ekonomi Indonesia, utamanya para pelaku UMKM.

“Kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan BCA Digital kepada Komunal sebagai mitra penyaluran pinjaman UMKM. Dampak kolaborasi ini sangat berarti untuk banyak UMKM yang sedang bangkit kembali setelah dirundung pandemi, terutama yang berada di luar Jabodetabek dimana akses pembiayaan cenderung terbatas,” kata Hendry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com