Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Pelatihan Konten Digital, Pelaku UMKM Diharapkan Bisa Tambah Nilai Produk Lewat Narasi

Kompas.com - 16/07/2022, 11:51 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

MATARAM, KOMPAS.com - Kompas.com bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kembali melanjutkan seri pelatihan konten digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah pada Kamis (16/5/2022) siang.

Pelatihan konten digital yang digelar di PLUT NTB merupakan kolaborasi antara Kementerian KemenKopUKM bersama Kompas.com. Pelatihan konten digital digelar di empat kota yaitu Kendal, Medan, Nusa Tenggara Barat, dan Ternate (Maluku Utara).

Adapun materi pelatihan penulisan narasi dan deskripsi produk dibawakan oleh redaktur desk UMKM Kompas.com, Bambang Priyo Jatmiko, sedangkan materi Digital Branding & Content Marketing dibawakan Asisten Manager Content Marketing KG Media, Luthfi Kurniawan.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis KemenKopUKM, Irwansyah Putra mengatakan, pelatihan konten digital bersama Kompas.com ini merupakan seri yang ketiga. Irwansyah menyebutkan, para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti pelatihan konten digital.

"Antuasisme peserta acara pelatihan ini luar biasa. Ada yang ikut secara online dan offline di rumah UMKM PLUT NTB," kata Irwansyah saat diwawancarai di sela-sela acara.

Irwansyah berharap pelaku-pelaku UMKM di NTB dan di luar NTB bisa menulis dengan baik setelah mengikuti pelatihan. Dengan menulis dengan baik, pelaku UMKM bisa menunjukkan value-value produk dan meningkatkan nilai jual.

"Mereka (pelaku UMKM) tepat belajar dengan Kompas.com sebagai media mainstream di Indonesia," ujar Irwansyah.

Irwansyah menyebutkan, penggunaan narasi bisa dicoba oleh pelaku UMKM. Dengan narasi, konsumen bisa merasakan promosi usaha tanpa sadar jika mereka melihat iklan.

"Biasanya penggunaan narasi dari kisah nyata ataupun segala hal yang melibatkan emosi manusia akan bermanfaat untuk meningkatkan kesetiaan konsumen atas produk kita," tambah Irwansyah.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Irwansyah Putra; dan Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri di PLUT NTB, Sabtu (16/7/2022).
KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Irwansyah Putra; dan Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri di PLUT NTB, Sabtu (16/7/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Barat, Ahmad Masyhuri mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan pelatihan konten digital yang digelar Kompas.com dan KemenKopUKM. Ia berharap UMKM di Nusa Tenggara Barat bisa bergairah dengan adanya pelatihan konten digital.

"Ke depan pelatihan ini bisa menjadi sarana menambah nilai tambah produk. Dengan adanya kisah produk yang maksimal, bisa menambah nilai jual," kata Masyhuri di kesempatan yang sama.

Kerjasama antara KemenKopUKM dan Kompas.com mengajak dan menjelaskan pembuatan narasi produk kepada pelaku UMKM. Pelatihan memberikan kemampuan menulis dan pembuatan konten di media sosial.

Pelatihan diberikan kepada lebih dari 200 pelaku UMKM binaan KUMKM PLUT dan Kompas.com Sebanyak 200 pelaku UMKM yang berasal dari 74 PLUT yang tersebar di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com