Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Bisnis Cepat Naik Daun, Salah Satunya dengan Cara Ilmu Ikhlas

Kompas.com - 26/07/2022, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan adalah impian setiap pengusaha. Namun, untuk menjadi pengusaha sukses tidak mudah.

Sejumlah pengusaha sukses sudah membuktikkannya. Mereka pun akan mengalami kegagalan saat membangun usaha. 

Nah, ada banyak yang mesti dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah belajar sepanjang waktu selama membangun usaha. 

Nah, apa saja hal yang wajib dilakukan agar usaha cepat naik daun? Berikut tips-tips yang bisa dipraktikkan seperti dirangkum dari cermati.com

1. Pelayanan terbaik

Pelayanan adalah ujung tombak dalam membangun usaha dengan pelanggan. Pelanggan akan loyal jika pelayanan terbaik diberikan.

Pelayanan terbaik kepada pelanggan meliputi senyum, sapa, bersikap ramah, mendengar dan menjawab keluhan pelanggan. Selain, solusi atas masalah pelanggan juga merupakan bagian pelayanan terbaik.

Produk atau jasa yang berkualitas akan sia-sia jika tak diiringi dengan pelayanan terbaik. Pelanggan yang kecewa saat membeli produk akan beralih ke pengusaha lain yang mampu membuat mereka spesial dengan pelayanan prima.

2. Inovasi tiada henti

Pengusaha wajib melakukan inovasi agar bisa terus bertahan. Setiap zaman akan berubah terlebih lagi saat ini era digital.

Jika pengusaha tak mengikuti perkembangan teknologi, bisnis pun akan kalah. Bisnis perlu agar memiliki daya saing. 

Inovasi bisa dilakukan dengan cara memodifikasi model bisnis dan menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan unggul. Dengan begitu, pelanggan akan semakin tertarik dan berminat untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Hindari FOMO

FOMO (fear of missing out) adalah hal yang perlu dihindari dalam menjalankan usaha. FOMO merupakan sikap ikut-ikutan yang bisa membuat bisnis hancur berantakan. 

Konsisten terhadap model bisnis yang dijalankan perlu dilakukan. Jika ingin melakukan inovasi, pikirkanlah dampak dalam jangka panjang.

4. Manajemen ikhlas

Rahasia bisnis cepat naik daun yang bisa dilakukan adalah manajemen ikhlas. Cobalah untuk bersyukur dan ikhlas dalam menjalankan bisnis dalam kondisi apapun.

Ikhlas bukan berarti menyerah pada keadaan. Upaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan bisnis tak hancur.

5. Marketing mix

Pemasaran secara campuran atau dikenal marketing mix yang tepat akan membuat bisnis cepat naik daun. Marketing mix meliputi produk yang bagus, harga yang bersaing, distribusi dan promosi yang baik, serta mampu mengikuti pasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com