Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Pegawai Kantoran Perlu Punya Usaha Sampingan

Kompas.com - 20/09/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha sampingan penting bagi pegawai kantoran terutama yang bergaji kecil. Menjadi lebih penting apabila pegawai kantoran tersebut punya banyak waktu luang.

Padahal, jika pegawai kantoran bisa lebih jeli dan pintar mengelola waktu, usaha sampingan bisa menjadi peluang tersendiri. Peluang tersebut nantinya bisa menjadi tambahan penghasilan. 

Nah, usaha sampingan ini menarik untuk dicoba. Namun, mengapa pegawai kantoran perlu punya usaha sampingan?

Berikut sejumlah alasan utama pegawai kantoran perlu usaha sampingan seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Berawal dari Ide Bagus dan Kemampuan Unik

Sejumlah perusahaan besar yang terkenal di dunia berawal dari sebuah usaha sampingan. Suksesnya usaha sampingan tersebut berawal dari ide baagus, kemampuan, dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut.

Jika ide bisnis Anda unik dan tak ada orang lain yang punya, maka peluang sukses akan terbuka lebar. Langkah selanjutnya cukup merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

2. Peluang Pasar Masih Terbuka Luas

Jangan pernah bingung untuk membuka usaha sampingan. Terlebih lagi jika punya jiwa kreatif yang bisa menjadikan peluang bisnis jadi usaha sampingan.

Jangan lupa pastikan setiap usaha sampingan yang dijalankan punya konsumen tersendiri. Lakukan perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan besarnya kompetisi bisnis ke depannya.

Cobalah lakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau dari orang-orang terdekat terhadap ide produkmu.

3. Perlu Uang Tambahan

Alasan yang lain yang kerap muncul saat membuka usaha sampingan adalah gaji pas-pasan tetapi punya banyak waktu luang. Kini, tren usaha sampingan bagi pegawai kantoran terus berkembang.

Punya usaha sampingan tentunya bisa bisa menambah pundi-pundi rezeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, hasil usaha sampingan juga digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

4. Persiapan Pensiun

Masa pensiun adalah hal yang perlu disiapkan bagi pegawai kantoran khususnya di sektor swasta. Punya usaha sampingan nantinya bisa membantu para karyawan swasta menghadapi masa pensiun.

Usaha sampingan tersebut bisa dijadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekadar mengisi aktivitas masa tua.

5. Aktualisasi Diri

Karir pekerjaan yang mentok atau pekerjaan yang dijalani sudah tak sesuai passion bisa dimanfaatkan jadi momentum memulai usaha sampingan. Usaha sampingan bisa dijadikan tempat belajar mengasah kemampuan wirausaha yang tentu tak didapatkan saat menjadi pegawai kantoran.

Proses ini dinamakan aktualisasi diri. Jangan takut untuk gagal karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com