Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Bantuan Alat Produksi dari PLN, Omzet UMKM Ini Melesat 4 Kali Lipat

Kompas.com - 03/10/2022, 20:23 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memberikan bantuan modernisasi peralatan produksi kepada UMKM Serba Singkong Cireundeu, Kota Cimahi, Jawa Barat. Bantuan yang diserahkan tersebut berhasil memacu produktivitas UMKM binaan sehingga omzet naik hingga 4 kali lipat.

Koordinator UMKM Serba Singkong Cireundeu, Neneng Sumirah mengatakan, sejak menerima bantuan di akhir Mei 2022 omzet penjualan produk olahan singkong terus mengalami peningkatan.

Mulanya omzet yang dikantongi per bulan Rp 5 juta, kini meningkat drastis menjadi Rp 20 juta per bulan.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Kebaya Wisuda Dengan Sukses

UMKM Serba Singkong Cireundeu yang berdiri sejak 2010 merupakan kelompok wanita tani yang bersama-sama mengembangkan produk olahan singkong di Cireundeu seperti eggroll, dendeng, saroja, keripik bawang, cireng, simping, dan lain-lain.

Eggroll merupakan produk olahan singkong yang paling laku keras. Neneng menyampaikan, kegiatan produksi yang dulu hanya dilakukan seminggu sekali, kini menjadi 3 kali dalam seminggu.

“Saat ini sudah mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke Cirendeu, ketika pulang mereka membeli produk olahan singkong untuk oleh-oleh. Kegiatan produksi kami sangat terbantu dengan adanya bantuan peralatan dari PLN. Terima kasih atas bantuan yang diberikan," terang Neneng dalam keterangan resmi, Senin (3/10/2022).

Neneng menambahkan, produknya pernah diikutsertakan dalam beberapa bazar yang diselenggarakan di Cimahi.

Selain itu, pernah juga dibawa Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind ) Cimahi keluar Jawa Barat, seperti Padang bahkan ke Turki oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Cimahi.

Baca juga: 5 Langkah Sukses Merintis Bisnis Dropship Untuk Anak Muda

General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa Madura Bali (UIP2B Jamali) Suroso Isnandar, menyatakan PLN akan senantiasa mendukung kebangkitan UMKM terutama dalam masa pemulihan perekonomian di tengah kondisi pasca pandemi COVID-19 ini.

"Kami sangat gembira, bantuan yang kami berikan membawa dampak positif bagi UMKM Serba Singkong Cireundeu. Jika dimungkinkan penjualan juga dapat dilakukan secara online melalui fitur Marketplace pada PLN Mobile sehingga dapat menambah lagi pemasukan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com