Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis UMKM Sering Dipandang Belum Pantas untuk Ekspor, Padahal...

Kompas.com - 07/10/2022, 09:00 WIB
Putri Sophia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu pendongkrak perekonomian, sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dinilai sangat berpotensi untuk ekspansi penjualan melalui ekspor.

Hal ini disampaikan Direktur Koperasi Santo Alvin Pratama, Hermanto dalam program Bronis UMKM bertajuk “Bagaimana UMKM Bisa Menembus Pasar Ekspor?” melalui siaran langsung Kompas.com pada Kamis, (6/10/2022).

“Bisnis UMKM sering dipandang sebagai usaha kecil dan belum pantas untuk ekspor. Padahal UKM punya peranan besar dalam perekonomian Indonesia untuk melakukan kegiatan ekspor,” jelas Hermanto.

Hermanto menjelaskan, UMKM hanya perlu memiliki legalitas usaha, dokumen ekspor dan dokumen tambahan dari dinas terkait agar UMKM bisa melakukan kegiatan ekspor. Proses legalitas ini pun dipermudah dengan sistem Online Single Submission (OSS). Sistem OSS inilah yang memudahkan integrasi berbagai perizinan usaha.

“Siapkan dokumen legalitas, dokumen ekspor, dokumen tambahan yang biasanya ada kaitan dengan dinas dan kebutuhan persyaratan negara. Manfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi ekspor,” ungkap pria yang bergelut di bidang perikanan tersebut.

Sebagai pengusaha ikan yang berhasil ekspor ke mancanegara, Hermanto menegaskan bahwa kegiatan ekspor tak serumit yang dibayangkan.

Menurutnya, dengan kuantitas kecil pun UMKM sudah bisa mengekspansi produknya ke luar negeri.

Mindset ekspor umumnya harus dengan jumlah yang banyak. Anggapan ini sebenarnya salah, meskipun kita ekspor 50 kilogram saja asal barang kita jual ke luar negeri itu sudah bisa dikatakan kegiatan ekspor,” jelas Hermanto.

Dukungan Pemerintah

Pria asal Ternate tersebut menyoroti prosedur pajak ekspor yang lebih mudah bagi UMKM dibandingkan dengan usaha yang berskala besar.

Selain itu, ia pun merasakan kemudahan dari pemerintah yang membebaskan pajak bagi usaha di bidang perikanan.

“Bisa datangi kantor pajak untuk konsultasi seperti apa pajaknya, pemerintah saat ini sangat mendukung. Peluang UMKM ini jauh lebih besar karena dari segi operasional dan biaya UMKM itu lebih kecil,” ungkap Hermanto.

Hermanto mendorong para pengusaha UMKM agar tidak segan mengekspansi produknya ke mancanegara melalui ekspor.

Menurutnya, potensi yang dimiliki oleh UMKM dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan peningkatan devisa negara.

“Semoga semakin banyak pelaku UMKM yang mengenalkan produk di mancanegara dan semakin banyak pula devisa untuk negara kita. Ekspor itu tidak sulit seperti apa yang dibayangkan teman-teman,” tutur Hermanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com