Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Pintar Dilayani Tokopedia Diresmikan, UMKM Bisa Titip Produk

Kompas.com - 21/10/2022, 18:01 WIB
Putri Sophia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung pintar ‘Dilayani Tokopedia’ di Osowilangun, Jawa Timur pada Kamis, (20/10/2022).

Peresmian gudang pintar ini membuka peluang bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat menitipkan produknya di wilayah yang permintaannya tinggi, termasuk Surabaya.

“Kehadiran gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, selain mempermudah UMKM
menjangkau pasar lebih luas, juga bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat Jawa Timur,” tutur Khofifah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Sebagai layanan pemenuhan pesanan, gudang pintar juga mempermudah pembeli mendapatkan produk yang beragam dengan ongkos kirim yang lebih murah.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

“Mendekatkan penjual dengan pembeli, agar UMKM di Indonesia punya kesempatan yang sama untuk berkembang. Dan pembeli bisa mendapatkan produk lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” tutur Astri.

Di sisi lain, penggunaan gudang pintar ini telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi UMKM yang lebih dulu menggunakannya.

Penjual dan pembeli yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, khususnya Surabaya, tercatat mengalami lonjakan transaksi dua kali lipat sepanjang kuartal III tahun 2022.

Sebagaimana penuturan dari AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

“Sepanjang kuartal III 2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari dua kali lipat,” tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com