Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penting agar Sukses Memulai Usaha Cuci Mobil untuk Pemula

Kompas.com - 21/10/2022, 19:00 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha cuci mobil yang semakin menjamur ternyata bisa jadi ladang cuan untuk pemula. Jumlah pengguna kendaraan yang terus meningkat di tengah masyarakat membuat usaha cuci mobil semakin laris.

Peluang bisnis cuci mobil ini sangat tepat untuk menyasar mereka yang beraktivitas di luar setiap hari. Waktu yang terbatas dan tubuh lelah membuat banyak dari mereka tak dapat mencuci kendaraannya sendiri di rumah.

Hanya saja, memulai suatu bisnis tentu tidak bisa sembarangan, termasuk membuat tempat pencucian mobil.

Kamu perlu memperhatikan beberapa tips untuk memulai usaha cuci mobil. Apalagi, Anda masih seorang pemula sebagai berikut:

  1.  Tentukan jenis jasa cuci mobil yang akan Anda buka. Jenis jasa cuci mobil sendiri ada beberapa, yaitu cuci mobil manual, car wash otomatis, robotic, dan hydrolic
  2. Sesuaikan modal dengan jenis cuci mobil yang Anda pilih. Mulai dari biaya lokasi, peralatan, hingga penentuan jumlah karyawan
  3. Tentukan lokasi yang strategis. Bukalah usaha cuci mobil di jalan-jalan atau area yang ramai dan banyak dilalui. Usahakan tempat yang Anda miliki luas dengan memiliki saluran air yang baik
  4. Lakukan pelatihan terhadap karyawan yang akan direkrut. Mulai dari mereka yang akan mencuci mobil sampai karyawan administrasi. Terkadang, seorang pengusaha sering melupakan hal ini. Padahal, dengan melatih para karyawan, Anda bisa menyesuaikan cara pelayanan mereka dengan visi misi usaha serta kebutuhan pengunjung
  5. Promosikan usaha dengan cara yang efektif. Mulai dari spanduk, brosur, atau digital marketing di media sosial
  6. Standar pelayanan harus terjaga sejak awal. Misalnya, memberikan air minum untuk pengunjung yang sedang menunggu. Jika sudah memiliki modal lebih, Anda bisa membuka usaha sampingan, seperti menjual minuman dingin dan makanan ringan.

Namun, terkait jenis jasa cuci mobil, mungkin akan ada pertanyaan seputar apa jenis paling efektif dan cuan bagi seorang pemula.

Jika disesuaikan dengan modal per jenisnya, tentu cuci mobil manual jadi yang paling efektif bagi pemula.

Kamu hanya memerlukan lokasi yang tepat, saluran air yang baik, peralatan cuci mobil manual, dan bisa memulai dengan jumlah karyawan secukupnya.

Apalagi, jenis cuci mobil manual mempermudah Anda untuk menetapkan harga yang masih ramah di kantong bagi pengunjung. Hal tersebut bisa menjadi nilai lebih karena harga jasa cuci mobil tempat Kamu lebih murah dibandingkan kompetitor yang menggunakan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com