Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan UKMM Indonesia Gunakan Teknologi Face Payment?

Kompas.com - 30/11/2022, 09:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi face payment dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diprediksi akan mulai berjalan beberapa tahun ke depan.

Face payment merupakan teknologi yang memungkinkan seorang pelanggan melakukan pembayaran pembelian barang atau jasa dengan hanya menunjukkan wajah.

"Saya rasa gak akan sampai 3-5 tahun ke depan, (UMKM Indonesia) itu sudah bisa menggunakan sistem face payment," kata Chief Of Artificial Intelegence Business Strategy Nodeflux, Adhiguna Mahendra saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan pada Senin lalu.

Dalam teknologi face payment, pelanggan nantinya akan diidentifikasi oleh teknologi Artificial Intelegence lewat kontur muka dan identitas lainnya.

Apabila, verifikasi sudah dinyatakan benar, maka pembayaran akan secara otomatis terpotong dari saldo akun bank atau dompet digital lainnya.

Menurut Adhiguna, penggunaan face payment seperti di China bisa diterapkan di Indonesia. Penerapan face payment dinilai bisa mempermudah transaksi bisnis.

"Nah, seperti itu tuh, harusnya dengan user experiment yang semakin baik dan cepat, sales mereka bisa naik gitu jika diterapkan. Engagement untuk user menggunakan produk mereka semakin meningkat," lanjut Adhi.

Menurut Adhy, penerapan teknologi face payment perlu literasi digital yang mumpuni baik dari pelaku UMKM maupun pelanggan. Adhy mengatakan, teknologi face payment juga merupakan teknologi yang relatif baru di Indonesia.

"Bahkan kalau kita bicara UMKM, belum tentu juga mereka punya sistem payment yang bagus. Padahal sekarang sistem payment kan udah beragam. Itu baru masalah payment, belum lagi teknologi-teknologi seperti face recognition yang mungkin belum banyak dikenal, apalagi untuk pelaku usaha di daerah. Mereka pasti mengira teknologi seperti ini mahal," tambah Adhy.

Nodeflux merupakan perusahaan teknologi computer vision asal Indonesia yang sudah banyak berkecimpung di berbagai event dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, dan pemerintah.

Berbagai solusi dihadirkan oleh Nodeflux seperti face recognition, penghitung dan klasifikasi kendaraan berdasarkan ukuran dan jenis kendaraan, pendeteksi muka air, dan lainnnya.

Nodeflux juga berpartisipasi dalam pengamanan Asian Games 2018 dan IMF World Bank Group Summit 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com