Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Bisnis yang Bisa Dicoba Bareng Pasangan

Kompas.com - 03/01/2023, 15:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Membangun kepercayaan dalam menjalani bisnis tidaklah mudah. Upaya mudah bisa Anda coba dengan merintis bisnis bersama pasangan, maupun suami atau istri, yang sudah dipercaya lebih dulu.

Ada beragam bisnis yang bisa Anda coba mulai dan tentunya menghasilkan keuntungan. Dari berbisnis bersama pasangan ini tak hanya keuntungan tapi juga dapat membantu finansial keluarga.

Berikut lima pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk berbisnis dengan pasangan, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Bisnis Kuliner

Satu di antara banyaknya rekomendasi bisnis untuk pasangan suami istri, bisnis kuliner menjadi ide yang paling banyak diminati. Ini karena bisnis ini relatif mudah dilakukan dengan modal yang tak terlalu besar. Apalagi jika salah satu di antara pasangan memiliki hobi atau keahlian memasak, maka akan sangat menguntungkan.

Bisnis kuliner ini juga selalu ramai pelanggan. Pasalnya, makanan maupun minuman menjadi salah satu kebutuhan pokok. Jika mampu menyajikan kuliner yang enak, terjamin, serta ramah di kantong, bukan tidak mungkin bisnis kuliner akan mendatangkan cuan yang melimpah.

Untuk itu, bagi pasangan suami istri yang ingin menjalankan bisnis ini, perlu melakukan persiapan yang matang. Pastikan menu yang dijual memiliki taste yang sesuai dan diterima banyak orang.

Lakukan pula survei tentang makanan apa yang paling digemari atau yang masih jarang ditemui, sehingga akan lebih mengundang banyak pembeli nantinya.

2. Membuka Toko

Ide lain yang patut dicoba adalah membuka toko, baik toko kelontong maupun toko yang menyediakan produk tertentu seperti pakaian, aksesoris, perlengkapan bayi, dan lain sebagainya. Apalagi jika Anda dan pasangan memiliki lokasi berjualan yang strategis, seperti di tengah pemukiman atau di dalam pasar, pasti akan sangat menguntungkan.

Dalam menjalankannya, pasangan suami istri bisa saling membagi tugas. Misal, suami bertugas untuk kulakan atau berbelanja di agen, sedangkan istri yang menjaga toko. Pada kondisi tertentu, kedua tugas tersebut bisa dijalankan bersama-sama agar lebih maksimal penjualannya.

3. Online Shop

Di era modern seperti ini, pasangan suami istri juga harus ‘melek’ terhadap kemajuan teknologi. ikuti perkembangan zaman agar tak semakin tertinggal. Bahkan, jika jeli membaca peluang, teknologi saat ini bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan, salah satunya dengan membuka online shop.

Melalui online shop, Anda bersama pasangan bisa memiliki usaha yang cukup menguntungkan. Selain potensial, target pasar online shop ini juga terbilang lebih luas karena pembelinya bisa berasal dari berbagai daerah.

Tak harus merintis produk sendiri, ide online shop bisa dimulai dengan menjadi reseller. Menjalankan bisnis ini pun bisa dilakukan di sela waktu luang. Saat sudah mulai berjalan, bisnis bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi dengan menambah variasi produk yang dijual atau bahkan membuka online shop produk milik sendiri.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga

4. Sewa Kos-kosan

Jika pasangan suami istri memiliki pekerjaan tetap dan ingin menambah penghasilan melalui bisnis sampingan, maka menyewakan kamar kos-kosan adalah hal yang tepat.

Apalagi jika properti kos-kosan yang dimiliki terletak di dekat kampus atau kantor, pasti akan banyak mahasiswa maupun karyawan yang menyewanya. Dengan begitu, bukan tidak mungkin penghasilan pun akan bertambah setiap bulannya.

Jalankan bisnis kos-kosan ini dengan serius agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Maksudnya, tawarkan kamar kos dengan fasilitas yang memadai dan harga yang sesuai. Dengan cara ini, maka kos-kosan akan banyak diminati dan selalu dipenuhi penyewanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com