Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pemberdayaan UMKM, Pemkot Parepare Tawarkan Wisata Kuliner Religius

Kompas.com - 15/01/2023, 20:00 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan menawarkan Kawasan kuliner religius sebagai ikon baru.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan UMKM dengan menghadirkan peluang ekonomi baru di Kawasan Masjid Terapung BJ Habibie di Kecamatan Bacu Kiki Barat, Kota Parepare.

Seperti dikutip dari Antara, Minggu (15/1/2023), menurut Taufan pembangunan Kawasan wisata kuliner religius di wilayah area masjid terapung BJ Habibie akan selesai akhir Januari 2023.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Inovasi Saat Merintis Bisnis Kuliner

Ia berharap, dengan hadirnya kawasan tersebut, dapat membuka dan mendongkrak peluang perekonomian baru di kota yang lekat dengan sebutan kota cinta yang diprakarsai oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Wali Kota Parepare itu bahkan telah memastikan, pihaknya sudah menata lokasi destinasi wisata baru tersebut, yang memiliki luas 180 meter.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat berkunjung ke lokasi proyek wisata kuliner religius di Kecamatan Bacu Kiki, Kabupaten Wajo, Sabtu (14/1/2022).dok. Antara Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat berkunjung ke lokasi proyek wisata kuliner religius di Kecamatan Bacu Kiki, Kabupaten Wajo, Sabtu (14/1/2022).

Di sana akan ditata area kuliner, tempat bermain anak, dan sarana olahraga di bagian utara, sehingga akan menarik pengunjung untuk berwisata, berolahraga, sekaligus beribadah di masjid terapung.

Peranan UMKM dalam mendukung kawasan wisata kuliner religius itu, dengan melibatkan masyarakat setempat, dikatakan Taufan sangat penting, karena dapat menghidupkan perekonomian lokal di wilayah sekitar.

Ke depannya, di wilayah ini juga akan dibangun sarana olahraga voli pantai dengan pasir putih.

Baca juga: Usaha Apple Pie dkokimo Berawal dari Hobi Kuliner

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com