Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kunci jadi Pengusaha Sukses dengan Modal yang Kecil

Kompas.com - 31/01/2023, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan usaha bukan hal yang mudah. Ada beberapa tantangan yang perlu dipikirkan dengan matang seperti modal yang besar, tingkat persaingan yang tinggi, inovasi, kreativitas, dan pelayanan.

Buruknya perencanaan bisa menyebabkan pengusaha gulung tikar. Namun, tak sedikit juga pengusaha yang justru berhasil mengembangkan bisnis lantaran menjalankan kunci sukses usaha.

Kesuksesan memang mustahil bisa terwujud seperti membalikkan telapak tangan. Meski begitu, jangan berkecil hati saat menjalankan usaha.

Apa saja kunci sukses menjalankan usaha dengan modal yang kecil? Berikut tips suksesnya seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Pikirkan Ide Usaha

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memikirkan ide usaha yang ingin dijalankan. Dari banyak ide yang ingin dijalankan, Kamu harus memilih salah satu yang paling cocok.

Apa itu ide yang cocok? Cobalah memulai dari ide usaha yang paling sederhana yaitu modal yang sesuai dengan bujet.

Contoh usaha yang minim modal seperti usaha jajanan pasar atau buka warung sarapan pagi. Jualan yang laris, modal akan cepat berputar.

2. Lakukan riset pasar

Ilustrasi tujuan riset pasarFreepik.com/Mindandi Ilustrasi tujuan riset pasar

Riset pasar penting untuk dilakukan bagi pengusaha dengan modal yang kecil. Riset pasar akan membantu usahamu cepat sukses.

Riset pasar meliputi strategi bisnis termasuk harus mulai dari mana, pangsa pasar yang dituju, produk yang diciptakan, dan keputusan untuk membuka toko offline atau online.

Riset pasar biasanya memerlukan waktu yang agak lama. Pastikan Kamu menyisihkan waktu untuk melakukannya.

3. Menjadi Unik

Ada banyak penusaha lain yang menjalankan usaha denganmu. Punya keunikan dalam menjalankan usaha akan membuat konsumen lebih mudah mengingat produkmu.

Dalam usaha kuliner, keunikan bisa dilakukan di sisi pengemasan. Kemasan yang unik seperti tambahan ukiran nama usahamu akan mudah mengingat produkmu.

4. Siapkan Modal

Modal adalah semua hal yang dimiliki baik berupa uang, barang, aset lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan dalam menjalankan usahaFreepik Modal adalah semua hal yang dimiliki baik berupa uang, barang, aset lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan dalam menjalankan usaha

Modal adalah hal yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha. Besarnya modal tergantung dari jenis bisnis dan skala usaha yang Kamu jalankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com