Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ayam Gepuk Pak Gembus Bocorkan Tips Tingkatkan Penjualan Bersama ShopeeFood Saat Ramadan

Kompas.com - 09/03/2023, 11:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bermodal dari uang tabungan yang disisihkan dari gaji bulanannya selama menjadi karyawan dan keberanian untuk banting setir, Ridho Nurul Adityawan mendirikan usaha kuliner Ayam Gepuk Pak Gembus pada 2013.

Berkat kegigihan Ridho menjaga kualitas rasa, bisnis yang sudah berjalan 9 tahun ini berhasil merajai pasar kuliner menu nasi ayam.

Di tengah persaingan usaha kuliner nasi ayam, Ayam Gepuk Pak Gembus sukses menjadi salah satu bisnis dengan penjualan tertinggi di ShopeeFood selama Ramadhan 2022.

Direktur Operasional Ayam Gepuk Pak Gembus, Maria Barmono, mengatakan Ramadhan adalah momen penting yang harus dimanfaatkan pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan transaksi bisnisnya.

“Layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood juga turut berperan besar dalam membantu menyukseskan kampanye Ramadan Ayam Gepuk Pak Gembus tahun lalu,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (9/3/2023).

Baca juga: Kenalkan Pak Gembus, Sosok di Balik Kesuksesan Ayam Gepuk Pak Gembus

Maria menyebutkan, kemudahan layanan dan promo menarik yang dihadirkan di aplikasi ShopeeFood menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan setia Ayam Gepuk Pak Gembus.

Memasuki bulan Ramadhan pada masa pascapandemi Covid-19 tahun 2023, Ayam Gepuk Pak Gembus percaya bahwa tren bisnis kuliner dengan layanan pesan antar makanan masih akan sangat menjanjikan. Tren layanan pesan antar makanan online juga masih akan terus berkembang.

“Walaupun kita sudah memasuki masa pascapandemi, nyatanya layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood masih tetap menjadi pilihan para pelanggan kami,” lanjut Maria.

Meskipun penjualan offline (dine-in) mulai meningkat, kata dia, performa penjualan online tetap tinggi karena pelanggan masih mengutamakan kepraktisan dalam hal memesan makanan.

Berkaca dari kesuksesan kampanyenya pada momen Ramadhan 2022, Ayam Gepuk Pak Gembus mengungkapkan tiga strategi jitu untuk membantu pelaku usaha kuliner mempersiapkan bisnis mereka dalam menyambut Ramadhan 2023.

1. Hadirkan menu spesial Ramadhan

Ramadhan umumnya identik dengan tradisi buka puasa bersama keluarga maupun kerabat terdekat.

Baca juga: Beda Ayam Geprek dan Ayam Gepuk, Salah Satunya di Penyajiannya

Tradisi Ramadhan tersebut bisa menjadi peluang bisnis tersendiri bagi para pelaku usaha kuliner. Salah satunya dengan menghadirkan menu spesial Ramadhan yang berisi paket makanan untuk dua orang atau lebih.

“Paket spesial Ramadhan bisa menarik minat konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi. Pastikan juga untuk menggunakan foto menu produk yang menarik di aplikasi untuk mendorong minat konsumen melakukan pembelian,” jelas Maria.

2. Hadirkan promo spesial dan manfaatkan media sosial

Menghadirkan promo spesial Ramadhan adalah strategi jitu untuk mengoptimalkan penjualan. Memanfaatkan media sosial juga penting untuk menginformasikan promo spesial tersebut kepada konsumen.

Promo spesial dapat menjadi salah satu strategi untuk membangun loyalitas konsumen. Apabila konsumen merasa puas dengan produk tersebut, kemungkinan mereka untuk melakukan pemesanan kembali (repurchase) akan lebih besar meskipun sedang tidak ada promo.

Baca juga: Ini 4 Kiat Sukses Bisnis Kuliner ala Merchant ShopeeFood MakCiak

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com