Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menambah Followers di Instagram agar Bisnis Terkenal

Kompas.com - 27/03/2023, 13:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dewasa ini, peran dari media sosial memang tidak bisa diremehkan lagi. Hampir semua hal dalam keseharian masyarakat masa kini bisa dipengaruhi oleh teknologi digital tersebut, tak terkecuali dalam aspek berbisnis.

Dengan memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak, bisnis tentu akan menjadi lebih luas dikenal. Peluang untuk menghasilkan penjualan juga sudah pasti bakal jauh lebih tinggi dan meningkatkan potensinya untuk terus berkembang hingga sukses.

Hanya saja, tidak sedikit pemilik bisnis yang bingung bagaimana cara yang tepat dan optimal untuk menambah followers di akun media sosial miliknya, seperti Instagram.

Nah, jika Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan followers atau pengikut di akun Instagram bisnis, simak 6 tips dan triknya seperti dilansir dari Cermati.com berikut ini :

1. Post Ulang Konten Lain yang Viral

Cara pertama dan termudah untuk bisa menambah followers di Instagram bisnis Anda adalah dengan repost konten atau mengunggah ulang konten milik orang lain. Tentunya, jangan sembarangan saat melakukan repost konten.

Selain memastikan unggahannya populer dan sesuai dengan tema atau jenis bisnis, pastikan untuk meminta izin dari pemilik konten untuk mengunggahnya ulang di akun Instagram bisnis.

Cara ini cocok dipilih jika sedang minim ide atau tak mempunyai cukup konten orisinal untuk diunggah. Manfaatkan fitur tagar agar mampu mendapatkan konten sesuai dengan bisnis serta lebih mudah mencarinya. Yang terpenting, etika dan ketentuan repost konten agar cara ini tak berisiko menjadi masalah terkait hak cipta atau semacamnya.

2. Unggah Ulasan Pelanggan dan Kepuasannya

Tips lainnya agar bisa mendongkrak jumlah followers di akun Instagram bisnis adalah mengunggah konten bersama foto pelanggan ataupun ulasan yang telah diberikannya. Jenis konten seperti ini mampu mendorong atau menggugah rasa ketertarikan warga net untuk turut terlibat dengan akun bisnis.

Pasalnya, secara tidak sadar mereka ingin juga konten atau fotonya diunggah pada akun bisnis tersebut.

Selain itu, foto ulasan pelanggan dan kepuasannya pada bisnis juga bisa menjadi bukti terkait kualitas pelayanan yang telah diberikan. Hal tersebut dapat pula menunjukkan kesan kepedulian pemilik bisnis terhadap para pelanggannya. Bila memungkinkan, jangan lupa memberi tag nama atau mention pada para pelanggan yang fotonya telah diunggah.

3. Tentukan Gaya Unggahan secara Konsisten

Jumlah followers di Instagram bisnis juga bisa bertambah melalui penggunaan strategi atau gaya unggahan yang unik dan konsisten. Alasannya karena followers media sosial biasanya tak hanya menantikan konten yang diunggah, tapi juga gaya atau hal menarik yang terdapat pada konten tersebut.

Dalam kata lain, followers akan berdatangan pada sebuah akun Instagram karena konten yang dibagikan sesuai dengan selera mereka. Sebagai contoh, pilih jenis konten berupa video lucu, kata mutiara, ataupun produk tertentu.

Mengunggah konten dengan gaya yang unik dan konsisten ini juga menjadi salah satu upaya branding agar bisnis lebih dikenal oleh publik. Oleh karena itu, jangan sampai laman Instagram bisnis berisi konten yang berubah-ubah hingga menunjukkan kesan berantakan dan kurang menarik.

Baca juga: 10 Instagram Tools yang Mendukung Bisnis Berkembang, Yuk Coba!

4. Manfaatkan Tagar atau Hashtag yang Pas

Tagar atau hashtag merupakan salah satu fitur di sejumlah platform media sosial yang berguna untuk membuat konten atau unggahan menjadi lebih spesifik dan mudah dicari oleh para penggunanya. Alhasil, fitur tersebut dapat digunakan agar lebih mudah mendapatkan followers Instagram.

Beberapa pakar media sosial menjelaskan jika dalam sebuah unggahan, sebaiknya terdapat 5 sampai 11 tagar. Tujuannya tidak lain agar konten tersebut lebih mudah untuk dicari oleh netizen dan berpeluang lebih besar untuk bisa dilihat oleh publik. Jadi, kesempatan untuk bisa mendapatkan followers baru juga akan menjadi lebih tinggi.

5. Pasang Tag Lokasi Bisnis

Sama halnya dengan tagar, tag lokasi juga bisa membuat konten yang diunggah di Instagram bisa lebih mudah ditemukan melalui tanda lokasi. Di samping itu, tag lokasi ini juga bisa menunjukkan di mana tempat bisnis Anda berada sehingga bisa diketahui oleh calon konsumen.

6. Gunakan Jasa Influencer

Tips terakhir agar followers bisnis bertambah adalah dengan memanfaatkan jasa influencer. Sesuai namanya, influencer mampu mempengaruhi para pengikutnya untuk melakukan sesuatu, seperti, membeli produk atau menggunakan jasa dari suatu bisnis tertentu, termasuk untuk menjadi pengikut atau followers di akun Instagramnya.

Tapi, jika berencana untuk menggunakan jasa influencer, ingat jika ada budget yang harus disiapkan sebagai fee atau memberi produk sebagai bentuk endorsement.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com