Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memulai Usaha Jasa Kebersihan Rumah

Kompas.com - 27/03/2023, 09:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Padatnya kegiatan di luar rumah membuat terbengkalainya kebersihan rumah. Rasa lelah dan malas menjadi faktor utama.

Tak jarang menggunakan Asisten Rumah Tangga (ART) untuk membantu. Namun, bagaimana untuk rumah yang memiliki ukuran menengah dan kecil?

Keberadaan ART tentu mengakibatkan bertambahnya pengeluaran bulanan.

Oleh karena itu, jasa membersihkan rumah bisa dijadikan peluang untuk usaha. Usaha jasa kebersihan rumah menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena punya target pasar yang luas.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Usaha Kecil untuk Pemula

Tertarik untuk mencobanya? Agar tidak salah langkah, berikut ini tips memulai usaha jasa kebersihan rumah yang bisa dilakukan, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Memahami usaha jasa kebersihan

Tips pertama adalah memahami usaha jasa kebersihan secara mendalam. Usaha jasa kebersihan tak hanya membutuhkan sapu dan kain pel, melainkan harus memberikan pelayanan pada pelanggan secara baik.

Maka dari itu, Kamu harus memenuhi kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh para pelanggan. Hal ini menjadi penting supaya usahamu erlihat profesional.

2. Menyediakan peralatan

Tips kedua dengan menyediakan peralatan yang dibutuhkan secara lengkap. Tujuannya untuk memudahkan dalam pekerjaan.

Baca juga: 3 Cara Konsisten Berbisnis untuk Pengusaha Pemula

Selain itu, sediakan juga produk pembersih yang berkualitas supaya aroma yang dikeluarkan lebih tahan lama dan mudah membersihkan kotoran yang menempel.

3. Merekrut karyawan

Tips ketiga ialah merekrut karyawan. Usaha jasa membersihkan rumah bisa dikerjakan seorang diri. Namun, akan menjadi sulit apabila usaha jasa kebersihan rumah yang dilakukan berkembang.

Untuk membantu Kamu melakukan pekerjaan rekrut karyawan yang memiliki sifat tekun, jujur, dan ramah. Tujuannya supaya pelanggan merasa nyaman.

4. Memberikan pelayanan terbaik

Tips keempat dengan memberikan pelayanan terbaik secara optimal. Tujuannya untuk membuat pelanggan setia.

Selain itu, apabila pelanggan terkesan dengan pelayanan dan hasilnya mereka akan merekomendasikan kepada teman, kerabat, dan keluarga lainnya.

Baca juga: 9 Tips Memulai Usaha untuk Pemula

5. Melakukan promosi

Tips kelima ialah melakukan promosi. Hal ini menjadi penting karena mengenalkan usaha jasa kebersihan rumah pada pelanggan.

Dalam melakukan promosi diperlukannya strategi, seperti memberikan potongan harga setelah menggunakan jasa sebanyak lima kali atau tujuh kali. Selain itu, Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial dan membagikan brosur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com