Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sukses Membangun Usaha Kecil untuk Pemula

Kompas.com - 15/01/2023, 15:08 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Memulai usaha kecil bukanlah keputusan kecil. Selain modal, akan ada berbagai tantangan yang dihadapi pemilik usaha.

Kamu mungkin bingung, apa saja yang perlu dilakukan saat membangun usaha untuk pertama kalinya.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah membangun usaha di bidang yang kamu minati. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menjalaninya.

Baca juga: 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Usaha Saat Membangun Bisnis

Selain itu, melansir National Funding, ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan saat mulai membangun usaha kecil untuk pertama kalinya.

1. Kenali kekuatan dan kelemahan

Setiap pemilik usaha kecil memiliki keterampilan, kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman tertentu yang bisa menjadi keunggulan mereka saat membangun usaha.

Namun, tidak ada pemilik usaha kecil yang begitu mahir, sehingga mereka bisa menjadi ahli dalam setiap proses yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan baru.

Meskipun kamu harus melakukan banyak tugas yang berbeda, terutama selama tahap awal bisnis, jangan terlalu membebani diri terlalu lama. Coba lihat kembali, apa saja keterampilan dan kelemahan yang kamu miliki, sehingga kamu tahu di mana harus memusatkan perhatian.

Selain itu, terus pelajari cara menangani tanggung jawab dan beban kerja baru – pada dasarnya ini adalah persyaratan untuk mengembangkan bisnis kecil.

Hal itu akan menjadi modal untuk bekerja dengan mitra bisnis, anggota keluarga, karyawan, kontraktor independen, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan utama dan memastikan masalah penting dalam usaha kecil kamu ditangani dengan sukses.

2. Mulailah dengan rencana bisnis sederhana dan kembangkan sesuai kebutuhan

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan sebagai pemilik usaha kecil adalah mengembangkan rencana bisnis.

Hal ini sangat penting untuk mengarahkan tanggung jawab apa saja yang harus dikerjakan.

Untuk permulaan, kamu bisa membuat rencana bisnis yang sederhana. Fokus pada produk atau layanan yang kamu tawarkan, target pasar dan pelanggan, harga dasar dan biaya serta pekerjaan yang diperlukan untuk mengubah konsep menjadi kenyataan.

Saat bisnis berjalan, kamu dapat memperluas rencana bisnis. Seiring waktu, sertakan perkiraan yang lebih akurat, biaya aktual, proyeksi jangka panjang, pernyataan misi, ringkasan perusahaan, dan elemen lain yang biasanya terlihat dalam dokumen yang dikembangkan sepenuhnya.

Baca juga: 6 Cara Identifikasi Pesaing Sebelum Buka Usaha

3. Fokus pada sesuatu yang disukai

Membangun usaha sesuai passion atau sesuatu yang kamu sukai, akan membantu mencegah rasa cepat bosan dan mudah menyerah saat menjalankannya.

Selain itu, saat menjalankan usaha sesuai bidang yang kamu sukai, itu berarti kamu memiliki pengetahuan lebih terkait hal tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com