Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan 4 Kesalahan Digital Marketing Ini!

Kompas.com - 29/03/2023, 14:34 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Strategi pemasaran dengan memanfaatkan media digital sudah tak asing saat ini. Pemanfaatan media digital menjadi sebuah cara baru yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis yang Kamu jalani.

Banyak pelaku bisnis, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang saat ini menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran yang dilakukan.

Jika Kamu adalah seorang yang baru akan menerapkan digital marketing, sebaiknya perhatikan empat kesalahan berikut.

Baca juga: Mengenal Digital Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian bagi UMKM

1. Tak menentukan target audiens dengan jelas

Tak menentukan target audiens yang jelas termasuk sebagai kesalahan umum yang kerap dilakukan pemula. Alih-alih memperluas pelanggan dengan target audiens seluas-luasnya, akan lebih baik jika Kamu memiliki identifikasi yang jelas siapa target audiensmu.

Dengan target audiens yang jelas dan terfokus, maka strategi digital marketing yang akan Kamu lakukan dapat berjalan lebih efektif dan maksimal.

2. Tak memperhatikan basic (situs online, konten, SEO)

Baca juga: Ketahui 5 Strategi Digital Marketing, Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Ramainya penggunaan sosial media belakangan ini menyebabkan beberapa orang terlalu fokus ke sana dan abai terhadap komponen digital marketing lainnya seperti situs online, konten, dan Search Engine Optimization.

Terkadang ditemukan beberapa situs dengan design yang menarik tetapi minim informasi di dalamnya. Tentunya hal ini akan menyebabkan strategi yang kamu lakukan kurang berjalan maksimal.

Dengan memanfaatkan SEO secara benar juga akan membantu meningkatkan kunjungan dari pengguna internet ketika mereka mencari sesuatu dengan keyword yang diketikkan pada search engine.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Bisnis Diingat Pelanggan? Ikuti 5 Tips Ini

3. Mengabaikan bukti atau review

Jika bisnismu masih baru, penting untuk menunjukkan testimoni atau review pembelian dari pelanggan yang sebelumnya.

Bukti atau review yang baik akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru yang akan melakukan pembelian. Biasanya sebelum memutuskan untuk membeli, mereka akan mencari review dari pelanggan yang sebelumnya.

4. Tak melakukan evaluasi

Setelah menerapkan strategi digital marketing dalam bisnismu, diperlukan adanya evaluasi untuk meninjau apakah sudah tepat strategi yang kamu lakukan, apa yang perlu diperbaiki, apakah sudah mencapai target yang diinginkan, dan sebagainya.

Melalui hasil evaluasi tersebut, Kamu dapat mengambil keputusan bagaimana langkah selanjutnya yang harus diambil.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com