Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Austindo Bagikan Premi Sawit Berkelanjutan ke Petani Mitra

Kompas.com - 25/04/2023, 12:55 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), membagikan premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan kepada petani kemitraan melalui lima koperasi dengan jumlah total senilai Rp 340.769.162.

Pembagian premi sawit diberikan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center, Kabupaten Belitung Timur pada 12 April 2023 yang lalu.

Lima koperasi mitra yang menerima premi meliputi Koperasi Mitra Lestari, Koperasi Sambar Jaya Makmur, Koperasi Mitra Anugrah, Koperasi Berhimpun Sejahtera dan Koperasi Lindong Raya yang menaungi lebih dari 382 petani dengan total luas lahan 564,18 ha.

Baca juga: Hindari 6 Kepribadian Buruk yang Berpotensi Merusak Bisnismu

 

Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai premi yang dibagikan tahun ini meningkat hingga 116 persen, dengan nilai sebelumnya, yaitu Rp 157.281.349. Adapun, peningkatan pemberian premi adalah berkat meningkatkatnya nilai penjualan minyak sawit yang tersertifikasi RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil).

Direktur Utama SMM, Juli Wankara Purba, menuturkan bahwa acara tahunan pemberian premi minyak sawit berkelanjutan merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para petani yang telah mengimplementasikan pengelolaan dan praktik perkebunan berkelanjutan melalui skema sertifikasi RSPO.

"Kami berharap dengan sertifikasi RSPO yang dimiliki dapat membuktikan bahwa praktik dan tata kelola perkebunan yang berkelanjutan telah berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan, sehingga seluruh koperasi mitra dapat menerima premi minyak sawit berkelanjutan pada tahun yang akan datang," kata Juli dalam keterangan resminya pekan lalu.

Juli menambahkan, sampai saat ini ketelusuran TBS di SMM telah mencapai 100 persen. Ini artinya seluruh sumber TBS telah teridentifikasi sumbernya. 

Jumlah tersebut melampaui target dari ANJ yang sebelumnya menetapkan tingkat ketelusuran TBS dari pihak ketiga mencapai 99 persen di seluruh Grup ANJ pada akhir 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com