Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 6 Kepribadian Buruk yang Berpotensi Merusak Bisnismu!

Kompas.com - 24/04/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kesuksesan berbisnis tentu tak terlepas dari pengaruh dari karakteristik atau kepribadian masing-masing orang yang ada di balik perjalanan bisnis tersebut.

Mungkin saja setiap pelaku bisnis memiliki inovasi dan kreativitas yang berbeda, tetapi hal itu akan sia-sia ketika dibarengi dengan kepribadian buruk yang berpotensi dapat merugikan jalannya bisnis.

Sebagai pelaku bisnis, penting untuk menyadari seberapa penting pengaruhmu terhadap bisnis yang dimiliki, apakah itu akan membangun atau justru menghancurkan bisnismu? Kamu sendiri yang dapat menentukan hal itu.

Simak dengan baik penjelasan berikut ini. Apakah ada salah satu kepribadian berikut yang kamu miliki? Jika iya, segera ubah kepribadian itu demi kelancaran bisnis milikmu.

Baca juga: Kesalahan Umum yang Harus Kamu Hindari Sebagai Pebisnis Pemula

1. Bersifat sarkas

Jika kamu memiliki kebiasaan melontarkan komentar sarkas, hal ini dapat membuat dirimu dipandang secara negatif oleh orang lain.

Ketika sudah terbiasa, mungkin hal ini menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar. Orang dapat berpikiran bahwa kamu adalah sosok yang sombong yang senang meremehkan orang lain.

Bukan tidak mungkin nantinya bisnismu juga akan dipandang sebelah mata karena sifat sarkasmu ini.

Cobalah untuk berkomentar dengan baik kepada orang lain, sehingga dapat menunjukkan pula bahwa kamu adalah orang yang berkualitas dalam berbicara.

2. Tidak menepati janji

Ketika kamu mengatakan akan melakukan sesuatu, maka lakukanlah. Tepati apa yang sudah kamu katakan.

Bekerjalah secara nyata untuk membangun kepercayaan dengan pihak terkait dalam bisnismu, baik itu rekan bisnis, karyawan, maupun klien.

Dengan kamu menepati apa yang sudah kamu janjikan, maka orang lain akan menganggapmu sebagai sosok yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya perkataannya.

Baca juga: 5 Ketakutan Membangun Bisnis yang Sering Jadi Penghalang

3. Tidak sabaran

Dalam menjalankan bisnis, semuanya pasti membutuhkan waktu dan perhitungan yang matang. Kamu tidak bisa melakukan suatu hal secara asal-asalan dan tanpa pertimbangan serius.

Untuk melakukan hal tersebut, tentunya diperlukan kesabaran dalam menjalaninya.

Sifat tidak sabaran dapat menuntunmu menuju kegagalan bisnis, karena bersifat tergesa-gesa dalam melakukan segala hal.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penghalang Kesuksesan Bisnis

4. Berpikiran tertutup

Ketika kamu berpikiran tertutup, maka kamu memiliki kecenderungan enggan untuk menerima masukan dari orang lain, yang mana hal ini sebenarnya dapat menjadi pembelajaran bagi bisnismu untuk berkembang lebih maju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com