Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Sukses Bikin Merek Produkmu Dikenal Banyak Orang

Kompas.com - 20/04/2023, 10:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika memulai bisnis, mempunyai produk atau layanan yang bagus saja terkadang tak cukup untuk menarik perhatian pelanggan.

Pelanggan juga harus memiliki pengetahuan lebih banyak dan agar bisa mendapatkan kepercayaan mereka brand harus tampil lebih menarik.

Berangkat dari hal itu, peran brand recognition menjadi penting. Strategi brand recognition berhasil apabila pelanggan bisa mengetahui merek melalui panca indera, misalnya seperti kemasan dan logo.

Bukan rahasia umum, pelanggan lebih memilih merek yang mereka ketahui dan memberikan keunggulan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa strategi membangun brand recognition yang bisa dilakukan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Ini 4 Cara Membangun Brand Positioning

1. Sering membagikan konten

Pelanggan lebih merasa berkenan untuk membeli produk jika pelanggan mengetahui produk apa yang ditawarkan. Pelanggan juga lebih mudah membelinya apabila telah mendapat nilai dari produk.

Supaya dapat membuat nilai tersebut dengan membuat konten menarik agar memenuhi keperluan pelanggan. Misalnya seperti membagikan konten yang berisi pengetahuan yang berhubungan dengan produkmu.

Hal tersebut bisa dilakukan secara online melalui media sosial. Selain membangun kepercayaan pelanggan yang sudah mengetahui merek, Kamu juga bisa mendapatkan memperluas penjualan ke pelanggan baru.

2. Melakukan interaksi dan terlibat dengan pelanggan

Selanjutnya hindari melakukan interaksi dengan pelanggan mengenakan suara seperti robot. Gunakan brand voice yang original dan ciri khas.

Baca juga: Tingkatkan Brand, Begini Cara membangun Storytelling

Selain itu, bisa melibatkan pengikut media sosial dengan kegiatan kontes atau hadiah yang sesuai. Karena biasanya orang menyukai peluang untuk mendapatkan hadiah.

3. Menjadi bagian dari event

Kamu bisa mencoba mempromosikan berbagai nilai besar yang diwujudkan sebagai suatu brand. Nilai besar tersebut bisa dijadikan sebagai bagian dari cerita brand-mu.

Hal ini bisa memanfaatkan event atau momen tertentu supaya dapat mempromosikan beraneka macam nilai tersebut.

4. Membangun komunitas

Dalam membangun brand recognition tak hanya berhubungan dengan pelanggan saja, melainkan bisa dengan membangun komunitas para pemakai yang ikut serta membentuk dan menyukseskan produkmu.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

Selain itu, cara tersebut bisa membantu untuk terus terhubung antara yang satu dengan yang lainnya dan bertukar pengetahuan mengenai topik yang ingin dibagikan.

Kamu dapat melakukannya dengan mengadakan pertemuan secara rutin dari para profesional yang mempunyai pemikiran yang serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com