Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

Kompas.com - 03/05/2023, 12:00 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber daya

KOMPAS.comTransformasi digital bisa diwujudkan dalam berbagai bidang, salah satunya di marketing yang tujuannya meningkatkan efisiensi pemasaran.

Transformasi digital berkaitan dengan peningkatan suatu sistem digital. Di mana peralihan dari cara manual ke cara digital.

Transformasi digital dalam marketing umumnya digunakan untuk menciptakan model bisnis yang baru guna meningkatkan keuntungan.

Oleh karena itu, transformasi digital penting untuk business marketing. Berikut ini tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan transformasi digital.

Baca juga: Transformasi Digital Tak Sekedar Upload Foto Produk lalu Dijual di Internet

1. Menyempurnakan saluran digital

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menilai saluran atau channel marketing bisnis kamu sekarang ini.

Perhatikan dengan benar media sosial, website, maupun media lainnya sebagai tempat melakukan marketing. Apakah platform tersebut bisa dimanfaatkan lebih baik lagi atau adakah pilihan platform lainnya yang lebih sesuai untuk keperluan bisnis.

Pelajarilah secara meluruh terhadap saluran tersebut dan pastikan Kamu siap untuk memajukan bisnis menuju kesuksesan.

2. Mendobrak silo

Setelah menyempurnakan saluran digital selanjutnya mendobrak silo yang membuat masing-masing bagian merasa berbeda dari bagian lainnya dalam sebuah tempat kerja.

Silo bisa menjadi masalah untuk bisnis skala kecil maupun skala besar. Hal tersebut bisa menghambat para pekerja untuk bisa bekerja sama secara optimal.

Baca juga: Equinix dan Astra Bekerja Sama Dukung Transformasi Digital dan Pembangunan Ekonomi Indonesia

Maka dari itu, sudah seharusnya kamu memastikan bahwa seluruh sistem ini bisa saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dan bisa bekerja sama.

Ketika alat digital beroperasi secara tertutup, kemungkinan bisa kehilangan gambaran yang lebih besar.

3. Mengoptimalkan pengalaman pelanggan

Cara terakhir adalah dengan mengoptimalkan pengalaman pelanggan supaya bisa membantu untuk meningkatkan dan mengubah strategi pemasaran bisnis menjadi yang lebih baik lagi.

Tak hanya itu, kamu bisa dengan mudah dan lancar mengetahui di mana titik lemah dan peluang untuk memperbaiki kedepannya.

Bahkan kamu juga bisa memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan sesuai dengan sudut pandang para pelangganmu.

Demikian tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan transformasi digital dalam business marketing, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com