Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKM dan Startup Bisa Dapat Pembiayaan Program SME EPIC, Ini Syaratnya

Kompas.com - 08/06/2023, 16:13 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) bersama dengan Inotek menghadirkan Program SME EPIC sebagai bentuk pendampingan bagi UKM dan startup untuk mendapatkan pembiayaan, investasi, dan pelanggan potensial.

Adapun SME EPIC ini merupakan singkatan dari Small Medium Enterprise Expo Pembiayaan Investasi Crowdfunding.

Program ini ditujukan secara spesial bagi UKM yang membutuhkan pembiayaan untuk pengembangan usaha. Tentunya dibarengi dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Melansir dari Instagram resmi @kemenkopukm, adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain minimal usaha sudah berjalan selama 2 tahun, memiliki laporan keuangan komprehensif, tren omzet positif, memiliki komitmen mengikuti seluruh kegiatan dan memiliki tim yang solid.

Baca juga: Berikan Pelatihan Konversi Motor Listrik, KemenKopUKM Akan Gandeng Elder Garage

Program ini terbagi ke dalam beberapa tahapan yang dimulai sejak tanggal 30 Mei 2023 hingga 23 Agustus 2023.

Adapun pembagian tersebut dimulai dengan open call dan kurasi program, training jenis pembiayaan, bootcamp investment readiness report, pendampingan pitch desk dan presentasi bisnis, regional business matching dan terakhir national business matching.

Ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh melalui tahapan-tahapan kegiatan yang disediakan tersebut, seperti meningkatkan kapasitas kemampuan finansial usaha, mendapatkan laporan kesiapan investasi perusahaan, dan berkesempatan mendapat pembiayaan, investasi, dan pelanggan potensial.

Di samping itu, kamu juga berkesempatan untuk memperluas jaringan bisnis lebih lebar lagi dan memperluas pasar dengan BUMN juga perusahaan multinasional.

Bagi kamu yang ingin mendaftaran UKM atau startup milikmu, kamu dapat melakukan pendaftaran dengan melakukan registrasi yang tersedia pada link bit.ly/SME-EPIC-2023 hingga 26 Juni 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com