Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Usaha yang Bisa Bikin Mobil Pikapmu Hasilkan Cuan

Kompas.com - 10/06/2023, 19:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai suatu usaha tak harus dengan menyewa ruko ataupun kios. Kamu bisa memanfaatkan mobil pikap sebagai sarana melakukan usaha.

Walaupun banyak yang menggunakan mobil pikap untuk kebutuhan pribadi, tetapi sebetulnya mobil pikap mempunyai potensi besar untuk digunakan sebagai sarana memulai usaha.

Hal ini disebabkan karena ukuran dan kapasitas mobil pikap yang luas memungkinkan untuk membawa lebih banyak barang. Jadi, jika memiliki mobil pikap yang menganggur, kamu bisa menggunakannya sebagai peluang suatu usaha dan menghasilkan keuntungan.

Berikut ini beberapa ide usaha yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan mobil pikap, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Daripada Nganggur di Garasi, Ini 10 Ide Hasilkan Cuan Pakai Mobil Pribadi

1. Jasa angkut barang

Ide usaha pertama adalah jasa angkut barang. Kamu bisa menawarkan jasa angkut barang kepada seseorang yang sedang pindah rumah atau mengirim barang dari gudang ke toko atau toko ke pelanggan.

Hal tersebut bisa dilakukan karena bagian bak belakang cukup untuk menampung berbagai perabot rumah tangga atau mengirimkan produk ke tempat pelanggan.

Saat melakukannya, kamu bisa menentukan tarif sesuai jarak tempuh dan jumlah barang yang diangkut dengan memperhatikan beberapa faktor seperti biaya operasional dan bahan bakar.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat bergabung dengan perusahaan transportasi online yang menyediakan layanan angkut barang.

2. Usaha jual peralatan rumah tangga

Selanjutnya usaha yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan mobil pikap adalah usaha menjual peralatan rumah tangga. Misalnya seperti peralatan masak, belakang mandi, dan lainnya.

Baca juga: Menilik Usaha Para Perajin Alat Rumah Tangga Tradisional di Gunungkidul

Dengan menggunakan mobil pikap, kamu dapat menjangkau lebih banyak perumahan hingga memperoleh pelanggan lebih banyak.

Selain itu, usaha ini juga bisa dilakukan di acara tertentu yang ramai dikunjungi seperti pasar malam.

3. Distribusi hasil perkebunan dan pertanian

Ide usaha lanjutnya adalah jasa distribusi hasil perkebunan maupun pertanian. Biasanya para petani memerlukan alat angkut seperti mobil pikap untuk membawa hasil panen mereka ke kota maupun didistribusikan antar desa.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyewakan mobil pikap kepada para petani. Usaha jasa ini sangat diperlukan di wilayah pedesaan yang mempunyai lahan perkebunan dan pertanian yang luas, terutama jika musim panen tiba.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Ketika Melakukan Bisnis Pertanian

Akan tetapi, perhatikan faktor keamanan dan kebersihan mobil ketika mengangkut hasil perkebunan dan pertanian guna meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Food truck kekinian

Ide usaha berikutnya sesuai untuk kamu yang memiliki keinginan usaha di bidang kuliner, yakni food truck kekinian. Di mana kamu bisa menjual makanan dan minuman seperti tahu bulat, pancake, waffle, es krim, dan lainnya.

Belakangan ini, tren food truck sedang populer walaupun hanya menggunakan mobil pick up. Kamu dapat memilih untuk berdiam di lokasi yang ramai seperti pinggir jalan, sekolah, dan lainnya.

Baca juga: Optimalkan Ide Bisnis Food Truck, Simak Tipsnya!

Apabila makanan atau minuman yang dijual ramai, usahamu dapat dikenal sebagai tongkrongan populer di pinggir jalan.

5. Distribusi tabung gas dan air galon

Terakhir, usaha yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan mobil pikap adalah jasa distribusi tabung gas dan air galon. Karena kedua barang tersebut mempunyai berat yang tidak ringan, jadi memerlukan usaha yang lebih untuk membawanya.

Kamu bisa membawa tabung gas atau air galon dalam jumlah banyak sekaligus dan mengantarkannya ke rumah pembeli atau menitipkannya ke beberapa warung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com