Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menjadi Freelancer yang Sukses? Begini Tipsnya

Kompas.com - 16/06/2023, 10:43 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, menjadi seorang freelancer banyak diminati orang banyak karena dianggap bisa dikerjakan di mana saja dan mempunyai waktu yang fleksibel.

Tidak hanya itu, pekerjaan freelancer juga mempunyai potensi perkembangan yang tinggi. Menurut Kitalulus, freelancer merupakan jenis pekerjaan lepas dengan kontrak dalam jangka waktu tertentu.

Akan tetapi, menjadi seorang freelancer tidak semudah yang disangka. Hal ini karena seorang freelancer mesti mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan bernegosiasi.

Oleh karena itu, supaya tidak salah dalam melangkah. Berikut ini beberapa tips menjadi freelancer yang sukses yang bisa dilakukan.

Baca juga: Rekrut Freelancer Bisa Bikin Bisnis To The Moon, Begini Caranya

1. Membangun personal branding

Tips pertama menjadi freelancer adalah Kamu mesti membangun personal branding. Hal ini karena sebagai freelancer akan bekerja dan mencari klien secara individu. Jadi, kamu harus bisa memasarkan diri secara baik.

Dengan membangun personal branding secara baik, klien lebih mempercayaimu dan kemampuan yang dipunya. Di mana personal branding bisa dilakukan dengan menampilkan hasil karya-karya kamu di berbagai platform media sosial.

Selain itu, kamu juga dapat membuat konten yang berkaitan dengan apa yang kamu kerjakan. Sehingga, calon klien bisa melihatmu sebagai freelancer yang berkualitas dan tidak ragu melakukan kerjasama.

2. Bekerja secara baik dan sesuai deadline

Ketika diberikan pekerjaan dengan klien, pastikan kamu melakukannya secara baik dan sesuai deadline. Umumnya masalah yang suka dihadapi freelancer adalah rasa malas.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Semangat dan Motivasi Saat Membangun Bisnis

Oleh karena itu, freelancer dekat dengan suasana santai, di mana pekerjaan dapat fleksibel dilakukan di mana saja.

Sehingga, ketika kamu sudah dapat mengerjakan pekerjaan secara baik sesuai deadline. Klien bisa menganggap kamu sebagai pribadi yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Jadi, apabila mereka telah percaya dengan kualitas kerjamu. Tentu, mereka bisa menjadi klien yang loyal.

3. Menentukan upah sesuai pekerjaan

Selanjutnya menentukan upah yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Dalam hal ini kamu tidak bisa melakukannya secara sembarangan.

Sebaiknya, mencari informasi terlebih dahulu berapa harga di pasaran dari orang-orang juga melakukan freelancer.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Waktu Menjalankan Bisnis Sampingan

Kemudian, bandingkan dengan upah yang ditawarkan oleh calon klien. Dengan membandingkannya, kamu bisa mengetahui upah yang kamu tentukan terlalu besar atau kecil.

Akan tetapi, kamu juga harus memastikan bahwa upah yang ditentukan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com