Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengembangkan Usaha hingga Tembus Pasar Internasional

Kompas.com - 01/07/2023, 10:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dapat menjalankan usaha hingga terus maju dan berkembang pasti merupakan salah satu impian para pelaku usaha. Terlebih lagi jika usaha atau bisnis yang dijalankan mampu menembus pasar internasional.

Hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Apalagi, sekarang juga sudah ada banyak program dari pemerintah yang membantu akses bagi pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor produknya.

Simak beberapa tips berikut dalam mengembangkan usaha agar mampu bersaing dengan maksimal hingga menembus pasar internasional.

Baca juga: Gayeng Membawa UMKM Naik Kelas dan Tembus Pasar Internasional

1. Tentukan produk dan pasar

Jika ingin menyasar target pasar luar negeri, pastikan kamu mengetahui dengan baik bagaimana minat konsumen di sana dan seberapa besar pelauang dari produk yang akan kamu tawarkan terhadap konsumen.

Tentukan produk dan negara tujuan dengan spesifik sesuai dengan minat yang ada.

2. Pelajari aturan jual beli negara tujuan

Setiap negara pasti memiliki aturannya masing-masing terkait transaksi jual beli yang ada antarnegara, sehingga kamu perlu memahami terlebih dahulu dengan baik bagaimana aturan yang berlaku.

Hal ini dapat memengaruhi produk yang akan kamu kirimkan nantinya. Apakah produkmu terlarang? Bagaimana cara mengirimnya? Haruskah ada surat atau izin tertentu?

Baca juga: Jangkau Pasar Global, Simak Strategi Komunikasinya

3. Maksimalkan pemasaran online

Kehadiran media online sekarang ini menjadi salah satu peluang bagus bagi kamu untuk memperluas jangkauan bisnis yang dijalankan.

Dengan menggunakan internet, media sosial, dan platform e-commerce kamu dapat dengan mudah memasarkan produk hingga ke luar negeri.

Melalui media sosial kamu juga dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan konsumen yang ada di negara berbeda.

Baca juga: 8 Cara Membuat Rencana Pemasaran di Media Sosial Lebih Efektif

4. Ikut pameran

Dengan mengikuti pameran berskala internasional, kamu berkesempatan untuk menjangkau konsumen dari dalam dan liar negeri secara sekaligus.

Kamu juga dapat membangun relasi dengan pelaku bisnis lainnya yang ada dalam acara pameran.

Kamu dapat mencari-cari informasi di internet atau lembaga pemerintah dan swasta mengenai acara pameran yang cocok bagi bisnismu dan bagaimana cara mengikutinya.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan Saat Bazar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com