Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Kembangkan Program Desa Mandiri Energi untuk Dukung Transisi Energi

Kompas.com - 30/06/2023, 08:24 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Pertamina (Persero) mengembangkan Desa Mandiri Energi di 47 desa di Indonesia untuk mendorong transisi energi di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, perseroan terus melakukan upaya dekarbonisasi dalam kegiatan operasionalnya.

“Oleh karena itu, percepatan transisi energi di Indonesia bukan hanya upaya untuk mengurangi emisi karbon, tetapi juga untuk mewujudkan ketahanan energi. Kita tidak bisa melakukannya sendiri. Oleh karena itu, kami membuka diri untuk kolaborasi global bersama seluruh peneliti, penemu dan para ahli dari universitas dan akademisi, perusahaan, kementerian hingga masyarakat melalui UMKM,” tandas Nicke,” ujar Nicke dalam keterangan resminya pekan ini.

Baca juga: Co-founder Hijack Sandals Ungkap Pentingnya Data Konsumen untuk Komunikasi

Upaya itu dilakukan untuk memastikan bahwa dalam jangka pendek, transisi energi tidak akan mengganggu ketahanan energi. Namun di sisi lain, Pertamina masih bisa mencapai target pengurangan emisi karbon.

Paralel dengan itu, lanjutnya, Pertamina juga membangun dan memperkuat infrastruktur gas di seluruh rantai nilai, dari hulu, tengah, hingga hilir sesuai dengan target pemerintah, di mana porsi gas dalam bauran energi ditingkatkan secara bertahap.

Manfaat bagi UMKM

Pertamina berharap kerja sama tersebut akan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan. Dengan meningkatnya permintaan terhadap produk-produk budaya lokal, UMKM akan mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan.

Pertamina meyakini, kolaborasi ini mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan sektor pariwisata, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Cara Membentuk Jiwa Entrepreneurship Pada Anak Sejak Dini

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com