Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Usaha Sampingan sebagai Freelancer Agen Properti? Simak Caranya

Kompas.com - 29/06/2023, 10:05 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekarang ini, tidak jarang seseorang memilih profesi pekerja lepas atau freelancer sebagai usaha sampingan. Freelance sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya freelance agen properti.

Freelancer agen properti menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan karena penghasilan yang diperoleh.

Pasalnya, menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendagri) No.51 tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (P4), dalam pasal 12 ayat 2 disebutkan agen properti bisa memperoleh komisi sebesar 2 sampai 5 persen dari total harga jual properti tersebut.

Baca juga: Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Apakah Bisa?

Tidak hanya berpeluang memperoleh penghasilan yang menjanjikan, seorang freelancer agen properti juga dapat mengatur ritme kerja dan targetnya sendiri.

Kendati demikian, menjadi freelancer agen properti bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, berikut ini sejumlah cara sukses menjalani usaha sampingan freelancer agen properti yang bisa dilakukan.

1. Rajin ikut seminar bisnis properti

Pengetahuan produk merupakan bagian penting dalam memasarkan sebuah produk. Seorang agen properti wajib mengetahui secara baik produk yang akan dipasarkan atau ditawarkan ke klien.

Salah satu cara untuk menambah pengetahuan mengenai produk tersebut bisa dengan rajin mengikuti seminar mengenai bisnis properti.

Baca juga: Kesalahan Umum yang Dilakukan Para Pebisnis Properti, Catat!

2. Mengasah kemampuan pemasaran properti melalui pelatihan

Selain pengetahuan produk, sebagai seorang agen properti kamu harus mempunyai kemampuan dalam memasarkan produk.

Caranya bisa dengan mengasah kemampuan tersebut dengan mengikuti pelatihan agen properti, di mana pelatihan tersebut tentu memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti public speaking dan membuat iklan properti secara efektif.

3. Bergabung dengan agen properti terpercaya

Selanjutnya, jejaring dan relasi juga menjadi salah satu poin penting untuk menunjang karier agen properti.

Baca juga: Peluang Bisnis Agen Perjalanan yang Melonjak Tinggi Pasca-pandemi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah relasi dengan bergabung komunitas atau organisasi agen properti. Misalnya seperti Real Estate Indonesia (REI).

4. Jadi freelance agen properti di kantor agensi

Selanjutnya, selain berkomunitas kamu juga dapat bergabung menjadi freelancer agen di agensi properti terpercaya. Hal ini disebabkan karena banyak freelancer agen properti bernaung di bawah agensi tertentu.

Dengan menjadi freelancer agen properti di kantor agensi, kamu bisa memperluas peluang mendapatkan lebih banyak listing.

Menurut Rumahcom, listing artinya daftar properti yang dimiliki agen. Di mana semakin banyak listing yang dimiliki, maka bisa dikatakan agen tersebut memiliki jam terbang yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memiliki kesempatan memperoleh pelatihan secara rutin, walaupun sebagai freelancer agen properti.

Baca juga: Ingin Menjadi Freelancer yang Sukses? Begini Tipsnya

5. Mengoptimalkan pemasaran digital

Terakhir, optimalkan semua platform pemasaran. Selain melakukan pemasaran secara offline, kamu juga bisa menggunakan platform digital untuk memasarkan produk.

Terdapat banyak pilihan platform yang bisa digunakan, seperti melalui media sosial atau situs jual beli properti tepercaya.

Pemasaran secara digital memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan, jadi properti yang dipasarkan lebih cepat terjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com