Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Mei, Realisasi Belanja Lewat E-Katalog di Kota Tangerang Capai Rp73,51 Miliar

Kompas.com - 07/07/2023, 20:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tangerang, Banten mencatat realisasi belanja melalui e-katalog lokal untuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga akhir Mei 2023 mencapai Rp73,51 miliar.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp19,95 miliar.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, realisasi belanja melalui e-katalog untuk UMKM sudah meningkat hingga Mei ini," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Pemkot Tangerang, Yeti Rohaeti di Tangerang, Jumat seperti dilansir dari Antara.

E-katalog lokal merupakan sebuah platform digital yang digunakan untuk menampilkan informasi mengenai produk dan layanan dari produsen lokal atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis di Kota Tangerang.

Yeti Rohaeti menambahkan sampai bulan Mei ini, produk yang tayang pada e-katalog lokal Kota Tangerang adalah 17.763 produk dengan 822 penyedia.

Baca juga: Pemkot Batu Dorong OPD Jemput Bola Pelaku UMKM Masuk E-Katalog

E-katalog Lokal bertujuan mempermudah para UMKM lokal sebagai penyedia dalam memasarkan produk-produknya dalam hal kerja sama pengadaan serta penyediaan barang dan jasa dengan pemerintah.

Dengan penggunaan e-katalog lokal ini, dapat mendorong percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mendorong optimalisasi, transparansi dan efisiensi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

"Kehadiran e-katalog lokal, pemkot dan UMKM dapat membentuk kerja sama dan inisiatif yang positif untuk mempromosikan produk lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang," ujar Yeti.

Yeti mengimbau, pelaku UMKM Kota Tangerang yang belum mendaftar e-katalog untuk segera mendaftar. Ada sejumlah manfaat yang bisa diterima untuk pengembangan usaha, jika telah terdaftar di e-katalog.

"Seluruh OPD di Pemkot Tangerang telah difokuskan untuk melakukan pembelian produk-produk lokal melalui e-katalog. Maka dari itu, pelaku UMKM yang telah mendaftarkan produknya di e-katalog akan diprioritaskan untuk dibeli produknya oleh Pemkot Tangerang, dengan catatan disesuaikan dengan kebutuhan OPD," jelas Yeti.

Baca juga: Teten Masduki Optimistis Masuk 1 Juta UMKM Masuk E-Katalog

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang beberapa waktu lalu mengapresiasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemkot Tangerang terutama realisasi belanja melalui e-katalog.

"Untuk realisasi belanja melalui katalog ini hampir ada peningkatan ya karena angka di tahun lalu adalah Rp134,96 miliar dan di tahun ini sudah Rp129,65 miliar dan ini masih bulan Mei. Artinya ini berpotensi untuk meningkat dan mudah-mudahan di akhir tahun ini nanti bisa meningkat pesat sampai dua kali lipat dari tahun lalu," kata Hendrar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com