Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UMKM Naik Kelas, Pegadaian Luncurkan Program Pelatihan GadePreneur

Kompas.com - 11/07/2023, 18:15 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Bahkan, berdasarkan data, jumlah UMKM di Indonesia sudah mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

Tak heran jika berbagai pihak turut mendukung pengembangan UMKM.

Salah satunya yang dilakukan oleh PT Pegadaian, yang telah meluncurkan program pelatihan dan pengembangan UMKM bertajuk GadePreneur, yang akan menjadi wadah baru bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan pembekalan ilmu.

GadePreneur merupakan program yang diperuntukkan bagi nasabah, agen, mitra bisnis maupun masyarakat umum yang ingin mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan.

Baca juga: KemenKopUKM dan PT Pegadaian Sepakat Percepat Penyaluran KUR

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, program GadePreneur ini merupakan wadah bagi para UMKM untuk mengembangkan diri dan naik kelas.

Dengan tema "UMKM Tumbuh dan Tangguh Bersama Pegadaian", para UMKM nantinya akan mendapatkan literasi, baik keuangan maupun pemasarannya.

"Fungsi dari pegadaian ini membuat ekosistem, antara lain dari pelatihannya bahkan untuk pemasarannya dan bahkan untuk pembiayaannya kami bikin suatu ekosistem, sehingga UMKM yang bergabung dengan GadePreneur ini bisa maju bersama," ujar Damar seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/7/2023).

Sebelumnya, selama masa pendaftaran program GadePreneur yang dibuka tanggal 1-18 Juni 2023, ada 2.135 UMKM yang mendaftar sebagai peserta.

Dari jumlah tersebut, telah dilakukan kurasi oleh panitia sehingga terjaring 360 UMKM yang berhasil lolos dan berhak mengikuti tahap lanjutan program GadePreneur, yaitu tahap pelatihan yang akan dilaksanakan secara intensif pada Juli hingga September 2023.

"Tentunya ke depan harapan kami bisa 2.000-nya itu masuk semua atau ke depan lagi ada 10.000, 10.000-nya masuk semua, itu harapan kami," ujarnya.

Lebih lanjut, Damar juga menyebut bahwa sampat saat ini Pegadaian telah membina sekitar 5.000 UMKM yang tersebar di 12 wilayah di Indonesia.

"Ke depannya tentunya, pegadaian tetap akan terus meningkatkan UMKM, sehingga mereka bisa naik kelas," kata Damar.

Baca juga: WhatsApp Kenalkan Fitur Baru untuk Dukung UMKM Naik Kelas

Dalam kesempatan sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen sekaligus anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi menyebut pihaknya mendukung program GadePreneur.

Hal itu, karena sejalan dengan peran OJK dalam pengembangan UMKM, terutama di dalam Pasal 249 Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

"Bagaimana untuk memudahkan akses pembiayaan kepada UMKM dan juga ini tentunya mendukung upaya pemerintah, salah satunya adalah memperluas atau melakukan pemerataan untuk akses usaha dan pendapatan dan ini salah satu juga yang selalu didukung OJK dalam pengembangan UMKM," kata Friderica.

Sementara, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, juga mendukung pembinaan UMKM yang dilakukan Pegadaian melalui program GadePreneur tersebut.

Adapun program pelatihan yang dilaksanakan di 12 lokasi di seluruh Indonesia itu, juga bekerja sama dengan mentor profesional yang merupakan ahli di bidang pengembangan dan pendampingan UMKM.

Selain mendapatkan pelatihan, peserta yang lolos akan difasilitasi untuk pembiayaan perizinan seperti NPWP Badan, Hak Atas Karya Intelektual (HAKI), Produk Industri Rumah Tanggal (PIRT), dan perizinan lain yang diperlukan oleh pelaku usaha pemula.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan, para peserta akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan jaringan bisnisnya melalui kegiatan expo UMKM di 12 lokasi di seluruh Indonesia, serta seluruh pendaftar akan bergabung dalam komunitas GadePreneur yang akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan di luar kegiatan tersebut.

Baca juga: Gayeng Membawa UMKM Naik Kelas dan Tembus Pasar Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com