Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deputi Gubernur BI: Millenial Tak Biasa Bawa Uang Tunai Dalam Jumlah Besar

Kompas.com - 12/07/2023, 11:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membidik pasar konsumen milenial dengan menyediakan sarana pembayaran digital.

"Kita tahu ke depan kaum muda kita 79 persen sudah terbiasa dengan pembayaran digital, jadi kalau pelaku UMKM tidak siap dengan pembayaran digital maka mereka tidak jadi beli," kata Filianingsih saat pembukaan Grebeg UMKM DIY 2023 di Yogyakarta, Selasa seperti dilansir dari Antara.

Menurut Filianingsih, kaum milenial atau yang berusia antara 24-39 tahun tak biasa membawa uang tunai dalam jumlah besar. Ia mengatakan, sebagian besar generasi millenial lebih menyukai bertransaksi secara digital atau nontunai.

"Saya berani bertaruh bahwa kaum milenial kalau dibuka dompetnya paling banter isinya Rp20 ribu karena mereka suka pembayaran digital," kata Filianingsih.

Karena itu, Filianingsih menuturkan BI memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menggunakan kanal pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"UMKM dapat mengakses pembayaran digital melalui QRIS dengan sangat mudah, tidak perlu alat macam-macam, hanya stiker saja ditempel atau dikalungkan," tambah Filianingsih.

Baca juga: QRIS Bisa Permudah UMKM untuk Dapatkan Akses Permodalan

Selain membantu kenyamanan bertransaksi secara digital, menurut dia, QRIS juga mempermudah UMKM memperoleh permodalan karena data transaksi pembayaran dapat digunakan sebagai credit scoring yang mendorong keyakinan bank untuk menyalurkan kredit.

"UMKM biasanya 'cupet' modalnya dan tidak punya agunan bagaimana bisa mendapat pinjaman, jangan khawatir karena melalui QRIS riwayat transaksi akan 'tercapture' oleh bank," kata dia.

Dia mengatakan BI terus mendorong pengembangan UMKM naik kelas dengan tetap berpegangan pada tiga pilar, yaitu penguatan korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan peningkatan akses pembiayaan.

Filianingsih melanjutkan, BI juga mengembangkan strategi untuk meningkatkan UMKM berkinerja ekspor dan meningkatkan digitalisasi UMKM dari hulu sampai hilir melalui program "e-farming", "e-commerce", dan "e-financing support".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com