Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuka Kafe: Cari Tempat yang Sudah Jadi hingga Siapkan Menu Signature

Kompas.com - 12/07/2023, 19:05 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan kafe menjadi impian bagi sebagian orang. Hal ini karena bisnis ini cukup menjanjikan karena pasar yang semakin terbuka seiring dengan banyaknya masyarakat yang menginginkan tempat untuk nongkrong.

Selain itu, bisnis kafe juga dianggap sebagai hobi yang menghasilkan uang. Banyak pecinta kopi yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini karena passion mereka. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis kafe: 

Baca juga: Bisnis Kafe Meredup? Simak 5 Cara Unik Mendongkrak Penjualannya

Pilih Lokasi yang "Sudah Jadi"

Sudah jadi di sini maksudnya lokasi tersebut berada di lingkungan yang sudah ramai. Banyak toko dan perumahan yang berdiri di lokasi kafe.

Tempat-tempat yang strategis dan banyak dilewati lalu lalang orang akan membuat orang tertarik dan melihat masuk ke dalam cafe Anda. Maka, penting bagi kamu untuk melakukan survei terlebih dulu sebelum menentukan lokasi kafe.

Untuk lebih menarik minat pengunjung, cobalah untuk menghias café Anda dengan tema-tema tertentu agar orang semakin tertarik. Desain sebuah cafe juga akan menentukan penilaian pengunjung terhadap sebuah café.

Memilih Konsep

Pada bisnis café, kenyamanan adalah hal yang utama. Untuk itu, kami perlu untuk mencoba konsep-konsep desain untuk membuat pengunjung nyaman berada lama-lama berada di café.

Konsep ini bisa bermacam-macam, Mulai dari musik, olah raga, hingga ke yang bernuansa tradisional.

Melengkapi Interior dengan Harga Wajar

Desain interior harus disesuaikan dengan tema. Jika yang diambil adalah tema musik, coba perbanyak hiasan dinding dengan model-model alat musik serta poster-poster penyanyi legendaris. 

Sementara itu jika tema yang diambil adalah olah raga, interior bisa dilengkapi dengan pernak-pernik alat-alat sport yang sesuai dengan tema.

Beberapa dekorasi tambahan yang umum terdapatdi café-café kekinian, di antaranya quote yang unik dan menarik dari person yang prominence pada tema yang diangkat. Misalnya jika temanya adalah musik, bisa mengambil kutipan-kutipan terkenal dari selebritis musik dunia.

Baca juga: Dorong Mahasiswa Berwirausaha, Universitas Brawijaya Dirikan Kafe Vocafe

Membeli Bahan Baku Secara Grosir

Jika kamu ingin memulai bisnis café dengan modal minim, salah satu jalan yang dapat dilakukan adalah membeli bahan baku secara grosir. Pedagang grosir akan memberikan harga yang lebih murah.

Apalagi sangat penting bagi Anda untuk menjaga persediaan bahan baku. Siapkan bahan baku yang cukup agar persediaan untuk pengunjung tetap terjaga.

Siapkan Menu Signature

Menu signature adalah menu unggulan. Hal ini penting bagi sebuah cafe sebagai identitas yang akan selalu diingat oleh pengunjung. Menu unggulan juga menjadi pembeda antara cafe yang kamu jalankan dengan kafe lainnya.

Strategi Marketing yang Tepat

Dalam bisnis apapun, strategi marketing yang tepat memiliki peranan yang penting agar bisnis dapat terus berjalan.

Strategi marketing kekinian yang banyak diterapkan hari ini dengan menggunakan kekuatan media sosial, seperti Instagram, misalnya. Selain itu, siapkan juga nonton bareng agar kafe selalu ramai dengan pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com