Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Jaksel Beri Pelatihan Foto dan Video Produk untuk 100 Pelaku UMKM

Kompas.com - 27/07/2023, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas (Sudin) Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menggelar Literasi Digital Jakarta Solid Bersama JakWifi dengan sub tema Teknik Pengambilan Foto dan Video Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk di Media Sosial, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 100 pelaku UMKM secara luring dan daring ini, berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tiga Durian, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Acara pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Selatan, Sugiono.

Sugiono mengatakan, kegiatan yang berkolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah Jakarta Selatan ini dilakukan selain untuk meningkatkan indeks literasi digital Provinsi DKI Jakarta, juga meningkatkan pengetahuan atau teknologi dari para pelaku UMKM.

Dengan demikian, teknik pemasaran produk UMKM nantinya akan lebih menarik dari sisi pengambilan foto maupun video, ataupun penulisan.

"Kolaborasi antara UMKM, Kominfo, dan masyarakat, sehingga akan menghasilkan suatu daya beli atau daya publikasi bagi bapak dan ibu sekalian," ucap Sugiono.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengunggah Video Pendek untuk Strategi Pemasaran

Sementara Kepala Seksi Koperasi UKM Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah Jakarta Selatan, Edi Margono, menambahkan, saat ini konsumen lebih cenderung melakukan transaksi secara online.

Karena itu, sebagai pelaku usaha harus menyesuaikan diri dengan peningkatan kemampuan untuk memanfaatkan media digital sebagai pendukung dalam berusaha.

"Foto atau video produk yang baik, tidak hanya menarik perhatian pelanggan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual, dengan hasil akhir adalah peningkatan omzet atau penjualan," tambah Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com