Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Ekosistem Pemasaran, IMA Gelar UMKM Awards

Kompas.com - 31/07/2023, 16:06 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Marketing Association (IMA), organisasi yang berfokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi, menyelenggarakan IMA UMKM Awards.

Kegiatan ini dilakukan untuk memajukan ekosistem pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia.

Rangkaian seleksi IMA UMKM Awards telah dimulai sejak 20 Mei hingga 22 Juni 2023 untuk tahap pendaftaran, dilanjutkan dengan tahap seleksi dan kurasi peserta pada 22 Juni hingga 3 Juli 2023. Dilanjutkan dengan tahap pelatihan dan workshop yang telah dilaksanakan pada 8 Juli hingga 26 Agustus 2023.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Peluang Bisnis Sewa Mobil "Offroad"

Sejauh ini, sebanyak 287 UMKM berhasil melewati tahap seleksi pertama melanjutkan tahap pelatihan dan workshop yang dimulai sejak 8 Juli hingga 26 Agustus 2023.

Presiden IMA Pusat, Suparno Djasmin mengatakan, IMA UMKM Award ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen IMA terhadap pengembangan UMKM di Indonesia, yang selaras dengan visi IMA untuk Indonesia yang lebih baik.

"Harapannya, IMA UMKM Award dapat membantu UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kualitas produknya, memahami proses branding, dan memenuhi kebutuhan para konsumen
dengan baik. Kami percaya bahwa dengan memberikan akses atas pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, UMKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing
bisnis mereka di tengah tantangan pasar yang kompetitif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (30/7/2023) 

Dalam program ini, IMA menghadirkan pakar dari Alumni Certified Professional Marketer (CPM) dan pengurus IMA yang memiliki pengalaman luas di bidang tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Logo Merek Bisnis? Pastikan Mengandung 5 Hal Ini

 

Setelah melalui tahap mentoring dan coaching, IMA akan memilih 20 UMKM untuk melaju ke tahap final. Pada tahap final, IMA memberikan penghargaan bagi enam finalis UMKM yang berhasil mendapatkan nilai terbaik.

Para finalis UMKM juga berkesempatan untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan pemodal yang berpotensi memberikan dana investasi kepada mereka yang terdiri dari pihak bank, perusahaan venture, dan lembaga keuangan.

Pendanaan ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi tantangan finansial yang seringkali menjadi hambatan dalam pengembangan bisnis.

IMA UMKM Awards merupakan komitmen nyata IMA dalam mendukung perkembangan sektor UMKM di Indonesia. Melalui program ini, IMA berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMKM yang kuat dan berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com