Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pilihan Transaksi Digital yang Kasih Keuntungan untuk Konsumen

Kompas.com - 31/07/2023, 14:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Kecanggihan teknologi saat ini bahkan telah membuat gaya hidup berubah, semuanya kini jadi serba digital. Termasuk segala jenis transaksi yang kini beralih menjadi digital.

Penerapan transaksi digital meningkat saat pandemi terjadi karena pembatasan aktivitas sosial, sehingga mau tak mau masyarakat pun harus beradaptasi dengan mengalihkan segala jenis kegiatan, termasuk transaksinya secara digital.

Perubahan kebiasaan ini terjadi karena adanya kemudahan, keamanan, inovasi, layanan pelanggan hingga pengalaman pengguna.

Jika diartikan, transaksi digital merupakan segala jenis pembayaran cashless (non-tunai) yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi. Baik menggunakan smartphone maupun perangkat yang lainnya.

Jenis transaksi ini kini semakin banyak digemari karena memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Selain itu, transaksi digital juga sudah dilindungi otoritas resmi di Indonesia, sehingga cukup aman digunakan.

Hal ini turut mempengaruhi waktu dalam proses transaksi pada bisnis, bahkan menjadi keunggulan bagi masyarakat yang sudah terbiasa dengan pembayaran digital karena memberikan keuntungan. Mulai dari mengurangi uang tunai yang dibawa dan ruang pada dompet Anda, keamanan hingga pertimbangan praktis lainnya.

Seperti dilansir dari Cermati.com, berikut empat pilihan transaksi digital yang dapat memberikan keuntungan untuk Anda sebagai konsumen:

1. E-cash

E-cash menjadi salah satu jenis transaksi digital yang cukup populer dan banyak digunakan saat ini. Investopedia menyebutkan ini merupakan uang yang disimpan ke dalam sistem keuangan perbankan. Uang tersebut disimpan dalam bentuk digital (elektronik) untuk kemudian digunakan bertransaksi secara digital.

Berbentuk kartu, e-cash ini dikeluarkan oleh lembaga perbankan. Bahkan saat ini tersedia design custom untuk e-cash yang dapat dikeluarkan bank hasil kolaborasi produk/selebriti atau cetak sendiri melalui jasa percetakan.

Penggunaan dari e-cash ini sendiri cukup beragam, mulai dari bayar parkir, jalan tol, belanja di pusat perbelanjaan, bayar tiket kereta commuter line, bus kota dan sebagainya.

Cukup dengan kartu, kini kita bisa melakukan transaksi apa saja, tanpa perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak kemana-mana, sehingga, transaksi bisa dilakukan dengan mudah, nyaman dan tentunya lebih aman.

2. E-wallet

Jenis transaksi digital selanjutnya ada yang dinamakan e-wallet. Ini merupakan sebuah layanan yang sifatnya berbasis elektronik dan memiliki fungsi untuk menyimpan semua data maupun instrumen pembayaran.

Secara harfiah e-wallet diartikan sebagai dompet elektronik. Jadi seperti dompet, e-wallet dapat digunakan untuk menyimpan uangnya secara elektronik. Nantinya, uang yang tersimpan bisa digunakan untuk transaksi belanja, baik secara offline maupun online.

Belakangan, e-wallet sudah banyak digunakan untuk bayar tagihan listrik, air, beli pulsa, hingga beli tiket perjalanan. Tak sampai disitu saja e-wallet bahkan juga dimanfaatkan pelaku bisnis online untuk memudahkan dalam mengelola bisnisnya.

Transaksi pembayaran cashless (non tunai) yang mudah dan cepat menjadi salah satu alasan mengapa dompet digital ini banyak digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com