Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Produk UMKM Unggulan Jember Dipasarkan di Jember Fashion Carnival

Kompas.com - 04/08/2023, 15:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

 

JEMBER, KOMPAS.com - Puluhan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di Kabupaten Jember, Jawa Timur dipasarkan dalam kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang menjadi agenda tahunan pemerintah kabupaten setempat di Alun-alun Jember, 4-6 Agustus 2023.

Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi perwakilan Asisten Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Baihaqi membuka pameran produk unggulan UMKM Jember yang menjadi rangkaian dari kegiatan JFC di Alun-Alun Jember, Jumat.

"Kami mengeluarkan produk-produk unggulan Jember karena tamu dan wisatawan yang hadir dalam pagelaran JFC berasal dari berbagai daerah hingga luar provinsi, bahkan luar negeri," kata Hendy seusai membuka pameran produk unggulan UMKM di alun-alun Jember seperti dilansir dari Antara.

Perhelatan akbar JFC ke-21 dimulai dengan pembukaan pameran produk unggulan UMKM dan kegiatan yang mendatangkan tamu dari berbagai penjuru daerah di Indonesia hingga luar negeri yang tentunya juga mendatangkan rezeki bagi berbagai pihak, salah satunya pelaku UMKM.

"Terdapat 68 booth UMKM yang menjual produk unggulan yang ikut meramaikan JFC, sehingga masyarakat dari luar daerah hingga luar negeri dapat berbelanja produk-produk unggulan Jember," kata Hendy.

Pemkab Jember, lanjut Hendy, juga berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang mendukung pameran produk unggulan UMKM Jember dalam JFC dengan menyediakan booth KemenKopUKM sebanyak 20 booth.

Baca juga: Jember Fashion Carnaval 2023 Akan Digelar 4-6 Agustus

Sebanyak 68 booth UMKM terdiri dari 20 booth UMKM yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, kemudian sebanyak 20 booth dukungan Bank Indonesia, dan 26 booth UMKM dari pemerintah desa siap menyukseskan kegiatan JFC tahun 2023.

Hendy menjelaskan berbagai produk unggulan meliputi batik, ekonomi kreatif, produk olahan kopi, coklat, cerutu, tembakau, dan kerajinan lainnya dipamerkan untuk dijual kepada para tamu dan wisatawan yang hadir dalam kegiatan JFC.

"Kami targetkan pengunjung yang hadir dalam JFC mencapai 1 juta orang, yang akan berbelanja produk unggulan UMKM Jember dan mendongkrak sektor ekonomi di Jember," kata Hendy.

Sementara itu perwakilan Asisten Deputi di Kementerian Koperasi dan UKM, Baihaqi mengapresiasi pameran produk unggulan dari UMKM Jember dalam kegiatan JFC yang berlangsung selama tiga hari.

"Kami mendukung kegiatan JFC dengan menyediakan booth untuk UMKM di Jember, sehingga momentum tersebut sangat tepat untuk mengenalkan produk unggulan Jember kepada tamu undangan yang hadir dari berbagai daerah, bahkan luar negeri," tambah Baihaqi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com