Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pengembangan Usaha, PNM Beri Pelatihan kepada 1.000 Pelaku UMKM di Garut

Kompas.com - 07/08/2023, 21:52 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai upaya membantu meningkatkan kapasitas dan pengembangan usaha para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberikan pelatihan kepada sekitar seribu pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM ini, merupakan nasabah PNM di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Direktur Bisnis PT PNM Prasetya Sayekti mengatakan. Pihaknya tidak hanya memberikan bantuan pembiayaan usaha bagi pelaku UMKM, khususnya di Kabupaten Garut, tapi juga melakukan pendampingan dan pelatihan, agar UMKM bisa terus berkembang.

"Kami juga akan melakukan pendampingan dan pelatihan, supaya bisa mengembangkan lagi kapasitas dan kapabilitas para nasabah kami," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (7/8/2023).

Baca juga: UMKM Asal Gorontalo Ekspor Perdana 71,6 Kilogram Kepiting Bakau ke Singapura

Hal ini ia katakan dalam acara Pengembangan Kapasitas Usaha bertemakan "Literasi Keuangan Sareng Atikan Ngeunaan Bahaya Pinjaman Ilegal Pikeun Palaku UMKM” di Pendopo Garut.

Lebih lanjut Prasetya menyebut, PNM berupaya memberikan edukasi dan literasi berkaitan dengan pendampingan UMKM, di antaranya pengemasan produk dan manajemen.

"Ini ada tahapannya mulai dari memberikan literasi dasar, literasi dasar ini seperti literasi terkait dengan keuangan yang sederhana, pencatatan," kata Prasetya.

Sementara untuk pendampingan terkait pengemasan produk, pelaku UMKM dibimbing agar membuat kemasan yang lebih menarik. Kemudian dari segi pemasaran, pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan sistem digital, terutama media sosial.

Menurut dia peluang pasar digital itu harus dimanfaatkan, agar usaha bisa naik kelas dan memberikan keuntungan lebih besar.

"Kami berikan literasi digital, bisa melakukan promosi di medsos agar semakin luas, begitu juga dalam kaitannya secara sosial, kami mempunyai komunitas nasabah-nasabah yang lain," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan, menyampaikan dukungannya terkait program PNM yang sudah membantu mendorong perekonomian pelaku UMKM di Garut, dengan menyalurkan bantuan pembiayaan usaha.

Baca juga: Tingkatkan Keterampilan Pelaku UMKM, DinKopUKM Aceh Gelar Pelatihan Menjahit

Ia menyebutkan besaran pembiayaan yang sudah dikucurkan PNM ke pelaku UMKM Garut cukup tinggi sekitar Rp1 triliun, artinya penyerapan untuk mendorong modal usaha cukup besar.

"Dengan kebersamaan, kalau usaha bareng-bareng kan enak, program ini, saya Bupati Garut yang paling respons pada program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera)," katanya.

Salah seorang nasabah yang sudah berhasil mengembangkan usahanya, yakni pelaku usaha batik dari Garut, Ria Apriani (41) menilai program pembiayaan PNM mampu mendorong usahanya lebih maju dan berkembang hingga saat ini.

"Program PNM sangat membantu kami pelaku usaha, saya sudah jadi nasabah PNM sejak 7 tahun lalu," kata Ria.

Baca juga: Maybank Kucurkan Pembiayaan Rp1 Triliun untuk UMKM Lewat PNM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com