Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Pekanbaru Bangun Sentra UMKM untuk Memasarkan Produk Lokal

Kompas.com - 16/08/2023, 11:27 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Salah Satu langkah Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan membangun sentra UMKM untuk menampung produk-produk UMKM sekitar.

Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, keberadaan sentra UMKM ini bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

Saat ini dengan kemudahan teknologi digital, para pelaku usaha memang bisa menjual produknya melalui daring, meski begitu tak menjamin apakah dalam sehari ada yang membeli atau tidak.

Baca juga: Menkop UKM Sebut Solo Jadi Pusat Ekosistem Digital UMKM

Oleh karena itu, dikatakan Muflihun, pemerintah menyediakan tempat, agar para pelaku UMKM bisa menitipkan langsung produk-produknya di sentra UMKM.

“Pemerintah kota akan melibatkan dinas perhubungan dan pariwisata dalam mempromosikan produk UMKM yang dijual di sentra UMKM. Kita akan minta setiap mobil, bus wisata, singgah berbelanja di sana," ujarnya dikutip dari Antara, Rabu (16/8/2023).

Selain itu, pengelola hotel dan tempat penginapan juga akan diminta mengarahkan tamunya berkunjung dan berbelanja oleh-oleh khas Pekanbaru di sentra UMKM.

"Ini merupakan upaya pemerintah untuk membantu, mendorong peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan pelaku UMKM," imbuh Muflihun.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi, mengatakan pelaku UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian Indonesia. Maka dari itu, dia mengapresiasi upaya Pemkot Pekanbaru yang fokus terhadap pengembangan UMKM di Pekanbaru.

"Kita mendukung apa yang telah dibuat oleh Pj Walikota hari ini terhadap UMKM, ini perlu diteruskan," ujarnya.

Sabarudi yang juga juga merupakan ketua dari Komunitas UMKM Pekanbaru Berdaya mengingatkan, bahwa setiap pelaku usaha harus kuat dan tahan banting. Menurutnya, 5 tahun pertama ketika mulai berwirausaha adalah hal yang sangat berat, tapi dengan pola pikir yang kuat maka akan memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan dalam menjalankan usaha.

Sentra UMKM berlokasi di Jalan Arifin Ahmad, tepatnya pada bekas kantor wakil walikota yang sebelumnya ditempati badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol).

Saat ini gedung tersebut akan direnovasi terlebih dahulu dan ditargetkan segera diresmikan pada akhir Desember.

Baca juga: Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, GoTo Gandeng Ratusan UMKM Lokal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com