Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Pasar Terapung 2023 Jadi Kesempatan Mengenalkan Produk UMKM dan Wisata

Kompas.com - 15/08/2023, 22:16 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival Budaya Pasar Terapung 2023 di Kota Banjarmasin.

Momen ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan untuk mengenalkan sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal

Kepala Bidang Promosi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan Tri Joko mengatakan, festival ini menjadi kesempatan bagi Balangan untuk memperkenalkan sejumlah produk UMKM dan destinasi wisata dari Balangan.

Baca juga: Menkop UKM Sebut Solo Jadi Pusat Ekosistem Digital UMKM

“Pada kegiatan ini kami mengenalkan sejumlah produk unggulan UMKM, yaitu olahan dari labu atau waluh seperti keripik dan pais waluh, dan juga ada olahan dari kulit buah cempedak yaitu mandai dan minuman sirup khas Batumandi (Sirbam),” kata Joko dikutip dari Antara, Selasa (15/8/2023).

Menurut Joko, tak hanya mengenalkan produk UMKM dan destinasi pariwisata Balangan kepada daerah lainnya, tapi juga ke mancanegara.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi Kalsel sengaja mendatangkan tamu dari mancanegara saat Festival Budaya Pasar Terapung 2023 ini.

“Untuk para tamu kita datangkan dari negara Rumania, Korea Selatan, Turki, dan Taiwan. Ini untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya yang ada,” ungkap Roy.

Kehadiran delegasi dari empat negara sahabat ini, merupakan inisiatif Gubernur Kalimantan Selatan, agar potensi wisata di Kalimantan Selatan bisa menjajaki pasar internasional.

Baca juga: Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, GoTo Gandeng Ratusan UMKM Lokal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com