Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Program Entrepreneur Hub, Kemenkop UKM Beri Pelatihan ke UMKM di Solo

Kompas.com - 11/08/2023, 17:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM juga menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Entrepreneur Hub: Menumbuhkan Wirausaha By Desain Melalui Ekosistem Kewirausahaan” dan “Entrepreneur Hub: Transformasi Wirausaha, Menangkan Ekonomi Digital”.

Pelatihan dengan tema “Entrepreneur Hub: Menumbuhkan Wirausaha By Desain Melalui Ekosistem Kewirausahaan” dilaksanakan pada 9-10 Agustus 2023 dan diikuti 200 peserta pelaku usaha Solo Raya yang dikurasi bersama PLUT KUMKM Kota Surakarta, Science Techno Park Surakarta, Komunitas TDA Solo, Kersa, Digipreneur Mandiri Solo dan ASEPHI Solo.

Kemudian sesi “Entrepreneur Hub: Transformasi Wirausaha, Menagkan Ekonomi Digital” diselenggarakan pada 11 Agustus 2023, dan diikuti oleh 60 peserta.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan "Entrepreneur Hub" untuk Kembangkan Ekosistem Wirausaha

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Azizah menekankan pentingnya untuk terus menumbuhkan wirausaha by design melalui ekosistem kewirausahaan melalui program Entrepreneur Hub.

Oleh karena itu, kata Azizah, pihaknya mendesain Entrepreneur Hub sebagai program kolaboratif yang mengintegrasikan seluruh sumberdaya para pihak ke dalam satu gerak langkah yang terpadu dan konvergen pada satu visi bersama.

"Tujuannya, untuk terwujudnya wirausaha mapan dengan usaha yang innovatif dan berkelanjutan di tanah air," kata Azizah, Jumat (11/8/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa menyatakan bahwa ide kreatif dan inovatif dari para wirausaha muda dapat menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mandiri.

"Ekosistem itu dibangun oleh semangat kewirausahaan yang sama, dan tidak bisa berjalan sendiri. Kalau itu bisa tercipta, dengan bonus demografi yang kita miliki, maka Indonesia Emas di tahun 2045 dapat tercapai. Bahkan, Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi ketiga dunia," kata Teguh.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

Terkait pangsa pasar, Teguh menegaskan tidak harus ekspor, melainkan pasar domestik yang juga terbilang sangat besar. "Artinya, untuk menguasai pasar dalam negeri, sektor hulu hingga hilir harus sudah selesai di dalam negeri," kata Teguh.

Teguh mencontohkan produk jamur, jangan ekspor jamur, tapi jamur yang sudah diolah menjadi makanan dengan aneka rasa, dengan kemasan yang bagus dan menarik.

"Kita, khususnya kalangan muda, harus berpikir kreatif dan inovatif untuk membangun ekosistem kewirausahaan," ujar Wakil Walikota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com