Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Penting Untuk Mulai Bisnis Martabak

Kompas.com - 28/08/2023, 20:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Martabak bangka adalah kudapan yang asli berasal dari Indonesia. Memiliki nama asli Hok Lo Pan, saat ini martabak sudah banyak hasil modifikasi yang dikembangkan oleh para pengusaha martabak.

Martabak manis umumnya memiliki topping coklat meses dan rempahan kacang tanah. Namun, kini sudah semakin banyak variasi topping martabak yang menggunakan selai aneka rasa, wafer, hingga marshmallow.

Menariknya, peminat martabak juga masih sangat banyak hingga saat ini.

Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang mau memulai bisnis martabak manis yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Hampers, Auto Cuan!

1. Riset kompetitor

Tips pertama memulai usaha martabak adalah melakukan riset kompetitor.

Riset kompetitor dilakukan agar usaha kamu mampu bersaing di pasaran. Caranya yaitu dengan mengumpulkan berbagai informasi mengenai kompetitor hingga preferensi pelanggan.

Setelah mendapat data dari riset tersebut, kamu bisa membuat strategi ataupun taktik yang sesuai dengan kondisi pasar yang akan kamu hadapi.

2. Persiapkan modal

Langkah kedua yang penting bagi pengusaha adalah mempersiapkan modal untuk membangun bisnisnya.

Jika dana yang kamu miliki masih kurang, hal itu dapat menghambat pengembangan usaha mu, seperti menghambat peningkatan kapasitas produksi, penambahan alat produksi, dan juga biaya operasional lainnya.

Baca juga: 8 Langkah Bikin Konten Medsos untuk Pelaku UMKM

Jika kamu memilih untuk menjadi mitra waralaba, kamu bisa memilih paket yang sesuai dengan bujet modal yang kamu miliki.

Diluar perihal modal, untuk membangun sebuah usaha, kamu juga perlu membulatkan tekad dan keseriusan.

3. Buat keunikan tersendiri

Inovasi dan kreasi sangat penting bagi pengusaha, terutama dalam bisnis makanan.

Usahakan supaya bisnis kamu bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan pelangganmu, sehingga mereka merasa puas dengan inovasi yang kamu ciptakan.

Upaya yang bisa kamu lakukan misalnya, membuat kemasan dengan gaya modern, menggunakan topping yang popular atau mengembangkan inovasi baru lainnya.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

4. Pemilihan lokasi strategis

Pilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis martabak kamu. Dengan memilih tempat yang strategis, kamu memberikan fasilitas yang nyaman bagi pelanggan.

Pastikan juga kamu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Kamu bisa menanyakan apa yang mereka butuhkan atau juga menanyakan pendapat mereka tentang bisnis kamu.

Jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut pada pelanggan. Nantinya kamu yang akan merasakan faedahnya karena telah mendengarkan masukkan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com