Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasilkan Jutaan Rupiah dari Usaha Jus Buah Segar, Ini Tips Memulainya

Kompas.com - 31/08/2023, 08:27 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Selain itu, bisnis kuliner juga akan berkembang karena prospek ke depannya yang sangat bagus.

Bagi kamu yang berminat membuka usaha di bidang kuliner, khususnya minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, kamu bisa memulai usaha jus buah segar.

Usaha jus buah membutuhkan modal yang sedikit, kamu bisa memulai usaha ini dengan skala yang kecil, misalnya membuka warung jus buah sederhana dari rumah. Selain itu, pembuatan jus buah juga sangat mudah serta, bahan baku pembuatan jus mudah didapatkan.

Baca juga: Terima Laptop Gratis untuk Kembangkan Usaha, Puluhan Pelaku UMKM di Malang Raya Semringah

Bukan hanya itu, jus buah juga digemari dan diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Karenanya, usaha ini memiliki peluang menjanjikan.

Ingin membuka usaha jus buah segar? simak terlebih dahulu tips berikut ini yang telah dirangkum dari buku berjudul “Sukses Bisnis Modal Dengkul” karya Miftahul A’la.

1. Siapkan modal

Modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha jus buah segar yaitu blender, sedotan, plastik, sendok, mesin pres/penutup kemasan, susu kental manis, buah-buahan, gula, air matang, gerobak, meja, dan kursi.

Baca juga: 5 Langkah Membangun Usaha Pangkas Rambut, Auto Cuan!

Kamu dapat membuka usaha yang sederhana dahulu dengan modal Rp1 juta. Jika bisnis mu berkembang, maka kamu bisa membuka cabang baru atau perbesar lokasi usahamu.

2. Mencari supplier buah yang segar

Untuk menjaga kualitas jus buah kamu tetap segar, kamu harus mendapatkan buah-buahan yang segar juga. Kamu dapat mencarinya ke pasar tradisional atau kamu dapat mencari pemasok (supplier) buah segar yang memiliki harga miring.

Dengan mendapatkan supplier maka keuntungan kamu menjadi lebih besar dan tetap terjaga kualitas kesegaran jus buah.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Konter Pulsa dan Paket Internet

3. Menjaga kualitas

Pastikan jus yang kamu jual ke konsumen merupakan jus yang berkualitas dan segar. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan lingkungan gerai usahamu.

4. Lakukan promosi

Kamu dapat membuat promosi yang menarik minat konsumen kamu. Promosi yang bisa kamu lakukan seperti beli dua gratis satu atau berupa potongan harga. Manfaatkan juga media sosial dan pengiriman online untuk memasarkan jusmu lebih luas lagi.

Baca juga: Ini Beberapa Faktor Pembentuk Nilai Bisnis yang Perlu Dipahami

5. Terus inovasi

Agar jus buahmu tidak monoton, kamu bisa menginovasikan jus buahmu, misalnya dengan aneka topping yang unik dan menarik atau kamu bisa menggabungkan dua varian buah untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com