Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Memulai Bisnis Konter Pulsa dan Paket Internet

Kompas.com - 29/08/2023, 11:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di zaman sekarang, mayoritas orang Indonesia sudah memiliki gawai. Tak hanya orang dewasa, melainkan anak-anak pun sudah memiliki handphone, baik untuk bermain game atau hanya sekadar menonton youtube.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, jumlah handphone di Indonesia yang sudah beredar mencapai 240 juta. Jumlah ini tentunya melebihi jumlah penduduk indonesia yang hanya 237 Juta jiwa.

Hal ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha. Kamu dapat berbisnis pulsa dan juga paket internet.

Baca juga: Simak 4 Tips Sukses Membangun Bisnis Bimbel

Menjual pulsa dan paket internet tidaklah sulit. Kamu dapat melakukannya di rumah dengan modal dibawah satu juta rupiah. Namun, jika kamu memiliki modal yang besar, kamu dapat membuka konter sebagai pengembangan bisnis usahamu.

Kamu hanya membutuhkan modal dan gawai untuk melakukan transaksi jual pulsa dan paket internet kepada pelanggan.

Tertarik bisnis menjual pulsa dan paket internet?

Simak empat tips mudah bisnis konter pulsa dan paket internet seperti yang telah dirangkum dari buku berjudul “Sukses Bisnis Modal Dengkul (50 Ide Gila Bisnis Modal di Bawah Rp 1 Juta)” karya Miftahul A’la.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kecantikan untuk Pemula yang Berpotensi Hasilkan Cuan

1. Carilah Agen Pulsa Yang Murah

Sebelum memulai usaha menjual pulsa dan paket internet, terlebih dahulu kamu mencari agen pulsa yang murah. Meskipun harga jual pulsa di pasaran tetap sama, kamu dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dengan kamu mencari agen yang lebih murah.

2. Hindari Konsumen yang Berutang

Ketika kamu memulai usaha ini, hindari konsumen yang berutang. Ini karena, konsumen yang berutang akan menyulitkan kamu memutarkan uang hasil usahamu.

Sebisa mungkin, kamu jangan memberikan utang pulsa atau paket internet kepada konsumen mu. Sebab, banyak bisnis yang tutup akibat sering memberikan utang kepada konsumen.

Baca juga: Tips Meraup Cuan dari Sepotong Croffle

3. Manajemen yang Bagus

Setiap usaha diperlukan pengelolaan yang bagus, baik itu usaha kecil ataupun besar. Bentuk manajemen usaha yang bisa kamu lakukan yaitu kamu melakukan pembukuan setiap uang yang masuk dan keluar.

Catat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Ini karena, pembukuan keuangan akan memudahkan kamu untuk melihat berapa modal yang kamu gunakan, keuntungan yang kamu dapatkan, dan sebagai bahan untuk membuat strategi pengembangan usahamu.

4. Jual Pulsa Sampai Malam

Secara umum, konter pulsa dan paket internet buka hanya dari pagi hingga sore hari. Selain itu, tidak sedikit orang yang sering kehabisan pulsa dan paket internetnya pada malam hari.

Baca juga: 7 Cara Meraup Cuan dari Bisnis Sepatu

Sebagai pelaku usaha, kamu tentunya dapat menjadikan ini sebagai peluang dengan membuka konter pulsamu hingga malam hari. Namun, perhatikan juga kesehatan dan keamanan jika membuka konter hingga tengah malam.

Jangan sampai kamu mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi keselamatan dan keamanan kamu terabaikan.

5. Jual Aksesoris Handphone

Jika kamu sudah membuka konter pulsa dan paket internet. Kamu tidak hanya menjual pulsa dan paket internet, melainkan kamu bisa menjual berbagai aksesoris handphone untuk menambah pendapatan usahamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com